Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang karakteristik siswa tinggal kelas, dengan fokus pada berbagai aspek yang memengaruhi kondisi belajar dan perkembangan akademik siswa. Penulis menjelaskan pengertian dan kriteria siswa tinggal kelas, serta menganalisis nilai akademik, kondisi diri, kondisi belajar, sikap dan perhatian orang tua, serta kondisi keluarga yang menjadi faktor penting dalam menentukan status siswa tinggal kelas. Selain itu, buku ini juga mengupas permasalahan yang dihadapi siswa, tugas belajar di rumah, dan cita-cita yang dimiliki siswa tinggal kelas. Dalam bab III, penulis menyajikan temuan lapangan terkait kondisi siswa tinggal kelas dari berbagai latar belakang kondisi orang tua, seperti pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan. Penulis juga menjelaskan bagaimana sikap dan perhatian orang tua terhadap pola belajar anak berdampak pada kemajuan akademik siswa. Kondisi fisik dan emosional siswa, fasilitas belajar, waktu belajar, serta tugas di rumah juga menjadi bagian penting dalam menggambarkan karakteristik siswa tinggal kelas. Bab IV membahas dampak dari siswa tinggal kelas dan cara mengantisipasi agar siswa tidak tinggal kelas. Penulis memberikan rekomendasi kepada keluarga sebagai bagian dari upaya mengurangi jumlah siswa tinggal kelas. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pemerhati dunia pendidikan, khususnya dalam memahami dinamika siswa tinggal kelas dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar dan prestasi akademik siswa.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang karakteristik siswa tinggal kelas, dengan fokus pada berbagai aspek yang memengaruhi kondisi belajar dan perkembangan akademik siswa. Penulis menjelaskan pengertian dan kriteria siswa tinggal kelas, serta menganalisis nilai akademik, kondisi diri, kondisi belajar, sikap dan perhatian orang tua, serta kondisi keluarga yang menjadi faktor penting dalam menentukan status siswa tinggal kelas. Selain itu, buku ini juga mengupas permasalahan yang dihadapi siswa, tugas belajar di rumah, dan cita-cita yang dimiliki siswa tinggal kelas. Dalam bab III, penulis menyajikan temuan lapangan terkait kondisi siswa tinggal kelas dari berbagai latar belakang kondisi orang tua, seperti pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan. Penulis juga menjelaskan bagaimana sikap dan perhatian orang tua terhadap pola belajar anak berdampak pada kemajuan akademik siswa. Kondisi fisik dan emosional siswa, fasilitas belajar, waktu belajar, serta tugas di rumah juga menjadi bagian penting dalam menggambarkan karakteristik siswa tinggal kelas. Bab IV membahas dampak dari siswa tinggal kelas dan cara mengantisipasi agar siswa tidak tinggal kelas. Penulis memberikan rekomendasi kepada keluarga sebagai bagian dari upaya mengurangi jumlah siswa tinggal kelas. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pemerhati dunia pendidikan, khususnya dalam memahami dinamika siswa tinggal kelas dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar dan prestasi akademik siswa.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-637-6 |
eISBN |