Sinopsis Buku Karakteristik Peserta Didik Buku ini membahas pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian anak usia Sekolah Dasar (SD), khususnya dalam konteks era milenial yang ditandai oleh perkembangan teknologi dan perubahan perilaku anak. Penulis menjelaskan bahwa karakter yang berkualitas harus dibentuk sejak dini, karena anak-anak saat ini cenderung lebih bandel dan sulit dikendalikan dibandingkan masa lalu. Dengan adanya akses bebas ke Internet, anak-anak sering terpengaruh oleh hal-hal yang mereka lihat, sehingga memperparah masalah perilaku negatif. Buku ini juga menyoroti tiga faktor utama yang memengaruhi pembentukan karakter anak, yaitu faktor sosial, faktor orang tua, dan faktor lingkungan. Disiplin dan kualitas interaksi orang tua, serta lingkungan sosial sekitar, sangat berpengaruh terhadap perkembangan sifat dan perilaku anak. Selain itu, buku ini menekankan pentingnya pendidikan karakter sebagai kunci dalam membangun karakter peserta didik yang baik, sekaligus menjelaskan peran guru dalam proses pendidikan. Guru tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga harus menjadi teladan, pendorong, dan pengaruh positif bagi siswanya. Dengan penerapan prinsip *Trilogi Pendidikan* yaitu *Ing Ngarsa Sung Tuladha*, *Ing Madya Mangun Karsa*, dan *Tut Wuri Handyani*, guru dapat membantu membentuk karakter peserta didik secara holistik. Buku ini juga menyajikan beberapa studi kasus dan pendapat dari berbagai pemangku kepentingan dalam pendidikan, termasuk guru, dosen, dan peneliti. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan panduan bagi para pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya membangun karakter peserta didik yang baik dan bermutu.
Buku Karakteristik Peserta Didik ini akan mengungkap tentang berbagai pandangan terbaru dengan situasi dan kondisi saat ini
Jumlah Halaman | 50 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-813-1 |
eISBN | proses |