Ini adalah buku kedua dari seri buku tentang pengelolaan kelas Semua naskah dalam seri ini adalah kisah pengalaman nyata guru Banyak di antaranya sangat inspiratif dan menyentuh Sebagian berupa paparan metode dan pendekatan Kisah saat guru mengabdi tulus keluar dari zona nyaman dan memberi lebih ikhlas berkorban membantu murid mengalami mukjizat menyemai harapan menumbuhkan keberanian mengembalikan senyum yang sudah hilang membuka mulut yang selama ini bungkam menyingkap kisah yang tak pernah terkisahkan menyelami jiwa yang dahaga dan terluka menyirami dan menyembuhkannya dengan hati luas terbuka menerima ketika guru berhasil membawa murid keluar dari kemarahan kebencian dan kesedihan membela dan memberikan kepercayaan kepada murid saat tak satu pun memberikannya yang tersisih terkalahkan oleh sistem dianggap bodoh malas nakal tanpa harapan ditakdirkan gagal saat guru mau membebaskan muridnya dari lingkungan yang telah memenjarakannya saat ia memberikan teladan menanamkan kedisiplinan menyiapkan metode terbaik mengelola dan menghidupkan kelas dengan kreatif dan cerdas namun juga saat ia gagal dan kehabisan akal tetapi berani jujur mengakui dan mengevaluasi Ini adalah buku kedua dari seri buku tentang pengelolaan kelas Semua naskah dalam seri ini adalah kisah pengalaman nyata guru Banyak di antaranya sangat inspiratif dan menyentuh Sebagian berupa paparan metode dan pendekatan Kisah saat guru mengabdi tulus keluar dari zona nyaman dan memberi lebih ikhlas berkorban membantu murid mengalami mukjizat ...menyemai harapan menumbuhkan keberanian mengembalikan senyum yang sudah hilang membuka mulut yang selama ini bungkam menyingkap kisah yang tak pernah terkisahkan menyelami jiwa yang dahaga dan terluka menyirami dan menyembuhkannya dengan hati luas terbuka menerima ketika guru berhasil membawa murid keluar dari kemarahan kebencian dan kesedihan membela dan memberikan kepercayaan kepada murid saat tak satu pun memberikannya yang tersisih terkalahkan oleh sistem dianggap bodoh malas nakal tanpa harapan ditakdirkan gagal saat guru mau membebaskan muridnya dari lingkungan yang telah memenjarakannya saat ia memberikan teladan menanamkan kedisiplinan menyiapkan metode terbaik mengelola dan menghidupkan kelas dengan kreatif dan cerdas namun juga saat ia gagal dan kehabisan akal tetapi berani jujur mengakui dan mengevaluasi