Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan cerita dan pengalaman nyata para guru yang menggambarkan perjalanan, tantangan, dan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Buku ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu: 1. Kapur & Papan Cerita tentang Pengelolaan Kelas 1 dan Kapur & Papan Cerita tentang Pengelolaan Kelas 2 — keduanya berisi kisah-kisah inspiratif dari guru-guru yang berani mengelola kelas dengan kreativitas, kejujuran, dan penuh dedikasi. Cerita-cerita ini menggambarkan bagaimana seorang guru mampu membangun suasana kelas yang harmonis, membuka potensi siswa, dan memberikan pengaruh positif dalam hidup mereka. 2. Kapur & Papan Kisah Menjadi Guru 2 — bagian ini menyajikan kisah-kisah pribadi para guru yang menggambarkan perjalanan mereka dari awal memulai karier hingga menjadi pendidik yang berpengaruh. Cerita-cerita ini tidak hanya menceritakan pengalaman mereka di dalam kelas, tetapi juga menggambarkan perjuangan, kegagalan, dan keberhasilan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia pendidikan. Buku ini tidak hanya menjadi sumber inspirasi bagi para guru, tetapi juga menjadi buku yang menggambarkan kekuatan kisah dalam mengubah kehidupan. Dengan berbagai cerita yang terasa nyata dan penuh makna, buku ini mengajak pembaca untuk melihat kembali peran seorang guru dalam membentuk masa depan bangsa.
Ini adalah buku kedua dari seri buku tentang menjadi guru Semua naskah dalam seri ini adalah kisah pengalaman nyata guru Banyak di antaranya sangat inspiratif dan menyentuh Sebagian berupa paparan metode dan pendekatan Kisah saat guru mengabdi tulus keluar dari zona nyaman dan memberi lebih ikhlas berkorban membantu murid mengalami mukjizat menyemai harapan menumbuhkan keberanian mengembalikan senyum yang sudah hilang membuka mulut yang selama ini bungkam menyingkap kisah yang tak pernah terkisahkan menyelami jiwa yang dahaga dan terluka menyirami dan menyembuhkannya dengan hati luas terbuka menerima ketika guru berhasil membawa murid keluar dari kemarahan kebencian dan kesedihan membela dan memberikan kepercayaan kepada murid saat tak satu pun memberikannya yang tersisih terkalahkan oleh sistem dianggap bodoh malas nakal tanpa harapan ditakdirkan gagal saat guru mau membebaskan muridnya dari lingkungan yang telah memenjarakannya saat ia memberikan teladan menanamkan kedisiplinan menyiapkan metode terbaik mengelola dan menghidupkan kelas dengan kreatif dan cerdas namun juga saat ia gagal dan kehabisan akal tetapi berani jujur mengakui dan mengevaluasi
Jumlah Halaman | 191 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Lingkarantarnusa |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-1630-45-7 |
eISBN | proses |