Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *kapital multikultural pesantren* sebagai upaya untuk memanfaatkan potensi keberagaman yang dimiliki oleh lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren dalam membangun kehidupan multikultural yang harmonis dan inklusif. Dalam konteks ini, pesantren tidak hanya dianggap sebagai tempat pengajaran agama, tetapi juga sebagai wadah yang memiliki *kapital multikultural* yang berharga dan bisa didayagunakan secara optimal. Buku ini berangkat dari kajian yang awalnya merupakan hasil riset disertasi, yang kemudian disusun menjadi karya akademis yang relevan dengan diskursus pendidikan multikultural. Penulis mengupas bagaimana pesantren, sebagai institusi yang memiliki sejarah panjang dan kekayaan budaya serta nilai-nilai keagamaan, dapat berperan dalam membangun kehidupan multikultural yang bermakna dan berkelanjutan. Dalam buku ini, juga dijelaskan tentang landasan hukum terkait hak cipta, termasuk UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, yang menjadi dasar untuk memahami pentingnya perlindungan karya intelektual dalam konteks pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, disebutkan pula tentang sanksi-sanksi yang berlaku dalam hal pelanggaran hak ekonomi dan hak cipta, sebagai bentuk pengawasan terhadap penggunaan karya yang dilindungi hukum. Karya ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para akademisi, pengelola pesantren, serta masyarakat umum yang tertarik pada isu pendidikan, keagamaan, dan keberagaman. Dengan memahami konsep *kapital multikultural pesantren*, diharapkan pesantren dapat menjadi bagian aktif dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan multikultural.
Studi tentang kapital multikultural dalam buku ini ingin menambah khazanah baru bagi wacana multikultural dan pendidikan multikultural Apalagi dalam perkembangan studi multikultural keragaman sering kali dipandang sebagai problem masalah yang harus dis
Jumlah Halaman | 224 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-02-0427-2 |
eISBN | 978-623-02-0441-8 |