Sinopsis Buku: Buku ini merupakan sebuah karya yang berupaya untuk memberikan wajah baru dan harapan baru dalam perkembangan dan pembaruan pendidikan Islam, agar bisa bersaing secara global. Buku ini ditulis dengan semangat untuk menjadi acuan dan salah satu referensi dalam proses mengenal seluk-beluk pendidikan Islam, permasalahan dan tantangan yang dihadapi, serta solusi yang diberikan oleh pemikir Islam untuk kemajuan pendidikan Islam. Penulis berharap, buku ini tidak hanya menjadi wacana tekstual, tetapi benar-benar terwujud dalam praktik nyata. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam tidak boleh hanya dianggap sebagai model pendidikan klasik yang fungsi dan peranannya masih diperlukan, tetapi juga harus mampu menggali segala kemampuannya agar tidak tertinggal dan tergerus oleh perkembangan zaman. Inovasi pendidikan dianggap sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu perubahan yang berbeda dari hal sebelumnya, dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam dunia pendidikan. Inovasi pendidkan dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah kependidikan, dan dianggap sebagai ide, barang, atau metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang, baik berupa penemuan baru atau hal baru yang ditemukan oleh orang lain. Inovasi pendidikan akan berjalan baik dan menghasilkan hal yang positif jika para praktisi pendidikan memahami karakteristik-karakteristik dari inovasi tersebut. Buku ini juga menyampaikan bahwa Islam pernah mengalami kejayaan keilmuan dan peradaban, terutama di kota Baghdad yang menjadi pusat ilmu pengetahuan. Namun, kejayaan tersebut hancur oleh tentara Mongol pada tahun 1258. Meskipun kejayaan Islam masih berlanjut hingga berakhirnya Turki Ustmani, umat Islam mengalami kemunduran dalam bidang ilmu pengetahuan karena kurangnya minat terhadap pengetahuan. Dalam penyusunan buku ini, penulis juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam proses penulisan, termasuk keluarga, rektorat, para dosen, dan kolega akademik. Penulis menyadari bahwa dalam karya ini masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan, sehingga kritik dan saran yang produktif sangat diharapkan untuk menyempurnakan informasi yang disampaikan.
Buku Kapita Pendidikan Islam ini lahir dari semangat untuk ikut serta memberikan wajah dan harapan baru bagi perkembangan serta pembaharuan pendidikan Islam ke arah yang lebih produktif agar bisa bersaing secara global Sudah saatnya pendidikan Islam b
Jumlah Halaman | 276 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Istana Media |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-0763-90-3 |
eISBN | 978-623-6153-03-1 |