Logo Bacabuku
Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media

Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media

Cosmas Gatot Haryono
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu-isu terkait komodifikasi pekerja dan fetisisme komoditas dalam industri media, khususnya di sektor televisi Indonesia. Penulis menjelaskan bagaimana proses globalisasi memengaruhi praktik kerja di industri media, menghasilkan homogenisasi wacana tentang bekerja dalam konteks produksi komunikasi. Buku ini juga menggali lebih dalam tentang struktur masyarakat kapitalis, khususnya dalam perspektif Marxisme, dengan fokus pada kelas sosial, nilai lebih, serta keterasingan pekerja yang terjadi dalam proses produksi. Selain itu, buku ini menyoroti minimnya riset yang dilakukan terkait eksploitasi pekerja di bidang komunikasi, serta kurangnya teori kritis yang dapat menjadi pedoman dalam memahami fenomena ini. Penulis juga menyoroti peran media sebagai "kelas pengatur" yang memengaruhi kesadaran masyarakat dan memperkuat fetisisme komoditas dalam dunia kerja. Dengan pendekatan ekonomi politik, buku ini berupaya memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang dinamika industri media, khususnya dalam konteks sosial dan ekonomi Indonesia. Buku ini diharapkan menjadi referensi bagi mahasiswa ilmu komunikasi, dosen, serta masyarakat umum yang tertarik memahami kompleksitas dunia komunikasi dan peran media dalam masyarakat kapitalis.

Sinopsis ebook

Tidak banyak buku yang membahas tentang ekonomi politik media di Indonesia Padahal banyak Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang menjadikannya sebagai mata kuliah yang diajarkan di kelas Akibatnya mahasiswa sangat tergantung pada bacaan bacaan asing dan mempelajari kasus kasus yang terjadi di luar negeri yang kadang kala berbeda dengan yang terjadi di sekitar kita Buku ini hadir untuk menjawab kelangkaan sumber bacaan terkait kajian ekonomi politik media di Indonesia dengan menghadirkan pandangan beberapa tokoh tokoh dalam kajian ekonomi politik media dan menyajikan kasus kasus yang relevan di Indonesia Fokus utama dalam buku ini adalah mengungkap praktik eksploitasi dan komodifikasi yang terjadi dalam industri televisi Indonesia Bagaimana kapitalisme menanamkan em credo credo em dalam diri pekerja sehingga eksploitasi dan komodifikasi tersebut tersamar dan tidak dirasakan sebagai beban Selain menjelaskan tentang cara berfikir Marxis dalam melihat struktur masyarakat kapitalis dan dua perspektif besar dalam kajian ekonomi politik media Golding Murdock dan Vincent Mosco penulis juga menampilkan persoalan ekonomi politik media di Indonesia terutama terkait dengan praktik komodifikasi pekerja yang marak terjadi di industri televisi tanah air Pada bagian akhir penulis mengaitkannya dengan gejala globalisasi yang menciptakan homogenisasi wacana tentang bekerja di industri televisi Melalui buku ini pembaca baik dosen maupun mahasiswa ilmu komunikasi semakin ter cerdaskan dan memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang persoalan persoalan komunikasi khususnya tentang media masa Setidaknya kehadiran buku ini bisa memberikan cara pandang baru tentang dunia komunikasi Buku ini bisa menjadi referensi mengajar beberapa dosen dan sarana belajar bagi mahasiswa yang ingin mempelajari seluk beluk media

Detail Buku

Jumlah Halaman 203
Kategori Ekonomi
Penerbit CV JEJAK
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-247-531-1
eISBN 978-623-247-530-4
Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media

Kajian Ekonomi Politik Media: Komodifikasi Pekerja dan Fetisisme Komoditas dalam Industri Media

Cosmas Gatot Haryono