Belajar adalah aktivitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks dan saling berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut Proses mental yang aktif untuk mendapatkan mengingat dan menggunakan pengetahuan Belajar juga merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang tampak Tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya Memisah misahkan atau membagi bagi situasi atau materi pelajaran menjadi komponen komponen yang kecilkecil dan mempelajarinya secara terpisah pisah akan kehilangan makna Jadi belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan retensi pengolahan informasi emosi dan aspek aspek kejiwaan lainnya Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengertian pengetahuan yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya Belajar adalah aktivitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks dan saling berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut Proses mental yang aktif untuk mendapatkan mengingat dan menggunakan pengetahuan Belajar juga merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang tampak Tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi ...serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya Memisah misahkan atau membagi bagi situasi atau materi pelajaran menjadi komponen komponen yang kecilkecil dan mempelajarinya secara terpisah pisah akan kehilangan makna Jadi belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan retensi pengolahan informasi emosi dan aspek aspek kejiwaan lainnya Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengertian pengetahuan yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya