Sinopsis: Buku ini merupakan sebuah jurnal pendidikan madrasah yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarkan hasil-hasil penelitian, karya ilmiah, serta kontribusi dari para guru, pengawas, peneliti, ilmuwan, dan profesional di bidang pendidikan madrasah dan sekolah. Isi jurnal ini mencakup berbagai penelitian dan studi yang relevan dengan pengembangan pendidikan madrasah, seperti pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, analisis gaya belajar siswa berprestasi, implementasi pembelajaran akidah akhlak untuk pembentukan karakter siswa, serta peningkatan motivasi dan prestasi belajar Fiqh melalui model *Cooperative Learning* tipe STAD. Penelitian yang disajikan dalam jurnal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kolaboratif, seperti *STAD*, dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya kreativitas guru dalam mengelola kelas, penggunaan media pembelajaran yang menarik, pengaturan tempat duduk yang efektif, serta strategi manajemen kelas yang baik dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Dengan berbagai penelitian dan analisis yang disajikan, jurnal ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, peneliti, dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan sekolah.
Sinopsis: Buku ini merupakan sebuah jurnal pendidikan madrasah yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan dan menyebarkan hasil-hasil penelitian, karya ilmiah, serta kontribusi dari para guru, pengawas, peneliti, ilmuwan, dan profesional di bidang pendidikan madrasah dan sekolah. Isi jurnal ini mencakup berbagai penelitian dan studi yang relevan dengan pengembangan pendidikan madrasah, seperti pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, analisis gaya belajar siswa berprestasi, implementasi pembelajaran akidah akhlak untuk pembentukan karakter siswa, serta peningkatan motivasi dan prestasi belajar Fiqh melalui model *Cooperative Learning* tipe STAD. Penelitian yang disajikan dalam jurnal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kolaboratif, seperti *STAD*, dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya kreativitas guru dalam mengelola kelas, penggunaan media pembelajaran yang menarik, pengaturan tempat duduk yang efektif, serta strategi manajemen kelas yang baik dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Dengan berbagai penelitian dan analisis yang disajikan, jurnal ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, peneliti, dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan sekolah.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | ISSN 2527-4287 |
eISBN |