Logo Bacabuku
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 6 No-1

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 6 No-1

Miftahur Rohman; Zulkipli Lessy dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini adalah edisi ke-5, Nomor 1, dari *Jurnal Pendidikan Islam (JPI)*, yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Sains Pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah berkala yang terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Nomor Keputusan I/E/KPT/2015, tanggal 21 September 2015. Jurnal ini fokus pada isu-isu terkait pendidikan Islam, dan terbuka bagi para peneliti, akademisi, dan profesional di bidang pendidikan Islam untuk mempublikasikan hasil riset mereka. Dalam edisi ini, berbagai topik yang relevan dengan pendidikan Islam dan transformasi pendidikan di tengah dinamika sosial dan teknologi modern dibahas secara mendalam. Beberapa artikel yang terdapat dalam buku ini meliputi: 1. Pendekatan Pembelajaran Modern dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Era Globalisasi – oleh Agus Purwowidodo, yang membahas bagaimana pendidik dapat memanfaatkan TI sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 2. Konsep Pembelajaran di Pondok Pesantren Songserm Islam – oleh Trias Setyo Putro, yang menggambarkan model pembelajaran dalam lingkungan pesantren dan perannya dalam pengembangan karakter siswa. 3. Transformasi Pendidikan Islam dalam Konteks Kurikulum – oleh Sabarudin, yang membahas perubahan kurikulum dalam institusi pendidikan Islam dan implikasinya terhadap pendidikan keagamaan. 4. Transformasi Pendidikan Islam melalui Pengembangan Keterampilan dan Kompetensi – oleh Usman, Moch. Fuad, dan Nur Munajat, yang mengeksplorasi upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam di lingkungan kampus UIN. 5. Penerapan Pendidikan Multikultural melalui Sekolah yang Terafiliasi dengan Agama dan Implikasinya terhadap Perubahan Sosial – oleh Miftahur Rohman dan Zulkipli Lessy, yang membahas peran sekolah dalam membangun toleransi dan keragaman dalam masyarakat. 6. Transformasi Pendidikan Islam dalam Masyarakat Muslim Moderat – oleh Hasbiyallah, Moh. Sulhan, dan Heri Khoiruddin, yang menggambarkan pandangan Nahdlatul Ulama terkait pendidikan Islam yang moderat. 7. Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam melalui Otonomi Daerah – oleh Siti Asiah T., yang menjelaskan peran otonomi daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. 8. Pembelajaran di Surau dan Madrasah Minangkabau – oleh M. Haviz, yang mengeksplorasi model pendidikan Islam yang adaptif terhadap konteks lokal. 9. Transformasi Pendidikan Islam melalui Interaksi Sosial Warga Buku di Lapas Palu – oleh Yusra dan A. Markarma, yang menunjukkan bagaimana interaksi sosial di lingkungan penjara dapat menjadi sarana pembelajaran Islam. 10. Kontekstuasi Pendidikan Islam dalam Era Transformasi Informasi – oleh Buyung Syukron, yang membahas tantangan dan peluang pendidikan Islam dalam menghadapi perubahan teknologi dan informasi. 11. Pembelajaran Bahasa Arab di Komunitas Muslim Minoritas di Papua Barat – oleh Ismail Suardi Wekke, yang menyoroti pentingnya Bahasa Arab dalam konteks pendidikan dan identitas budaya. Dengan berbagai penelitian yang disajikan, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang tantangan, peluang, dan inovasi dalam pendidikan Islam di tengah perubahan sosial, politik, dan teknologi. Buku ini sangat relevan bagi para akademisi, pendidik, dan pengambil kebijakan yang tertarik pada studi pendidikan Islam.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini adalah edisi ke-5, Nomor 1, dari *Jurnal Pendidikan Islam (JPI)*, yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Sains Pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah berkala yang terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Nomor Keputusan I/E/KPT/2015, tanggal 21 September 2015. Jurnal ini fokus pada isu-isu terkait pendidikan Islam, dan terbuka bagi para peneliti, akademisi, dan profesional di bidang pendidikan Islam untuk mempublikasikan hasil riset mereka. Dalam edisi ini, berbagai topik yang relevan dengan pendidikan Islam dan transformasi pendidikan di tengah dinamika sosial dan teknologi modern dibahas secara mendalam. Beberapa artikel yang terdapat dalam buku ini meliputi: 1. Pendekatan Pembelajaran Modern dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Era Globalisasi – oleh Agus Purwowidodo, yang membahas bagaimana pendidik dapat memanfaatkan TI sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 2. Konsep Pembelajaran di Pondok Pesantren Songserm Islam – oleh Trias Setyo Putro, yang menggambarkan model pembelajaran dalam lingkungan pesantren dan perannya dalam pengembangan karakter siswa. 3. Transformasi Pendidikan Islam dalam Konteks Kurikulum – oleh Sabarudin, yang membahas perubahan kurikulum dalam institusi pendidikan Islam dan implikasinya terhadap pendidikan keagamaan. 4. Transformasi Pendidikan Islam melalui Pengembangan Keterampilan dan Kompetensi – oleh Usman, Moch. Fuad, dan Nur Munajat, yang mengeksplorasi upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam di lingkungan kampus UIN. 5. Penerapan Pendidikan Multikultural melalui Sekolah yang Terafiliasi dengan Agama dan Implikasinya terhadap Perubahan Sosial – oleh Miftahur Rohman dan Zulkipli Lessy, yang membahas peran sekolah dalam membangun toleransi dan keragaman dalam masyarakat. 6. Transformasi Pendidikan Islam dalam Masyarakat Muslim Moderat – oleh Hasbiyallah, Moh. Sulhan, dan Heri Khoiruddin, yang menggambarkan pandangan Nahdlatul Ulama terkait pendidikan Islam yang moderat. 7. Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam melalui Otonomi Daerah – oleh Siti Asiah T., yang menjelaskan peran otonomi daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. 8. Pembelajaran di Surau dan Madrasah Minangkabau – oleh M. Haviz, yang mengeksplorasi model pendidikan Islam yang adaptif terhadap konteks lokal. 9. Transformasi Pendidikan Islam melalui Interaksi Sosial Warga Buku di Lapas Palu – oleh Yusra dan A. Markarma, yang menunjukkan bagaimana interaksi sosial di lingkungan penjara dapat menjadi sarana pembelajaran Islam. 10. Kontekstuasi Pendidikan Islam dalam Era Transformasi Informasi – oleh Buyung Syukron, yang membahas tantangan dan peluang pendidikan Islam dalam menghadapi perubahan teknologi dan informasi. 11. Pembelajaran Bahasa Arab di Komunitas Muslim Minoritas di Papua Barat – oleh Ismail Suardi Wekke, yang menyoroti pentingnya Bahasa Arab dalam konteks pendidikan dan identitas budaya. Dengan berbagai penelitian yang disajikan, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang tantangan, peluang, dan inovasi dalam pendidikan Islam di tengah perubahan sosial, politik, dan teknologi. Buku ini sangat relevan bagi para akademisi, pendidik, dan pengambil kebijakan yang tertarik pada studi pendidikan Islam.

Detail Buku

Jumlah Halaman 0
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2017
ISBN ISSN 2301-9166
eISBN
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 6 No-1

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 6 No-1

Miftahur Rohman; Zulkipli Lessy dkk