Logo Bacabuku
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 5 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 5 No-2

Khojir dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku Jurnal Pendidikan Islam (JPI) – Volume 5, Nomor 1, Juni 2016 / 1437 Jurnal Pendidikan Islam (JPI) – Volume 5, Nomor 1, Juni 2016, merupakan edisi ke-5 dari jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini berfokus pada studi-studi yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam, termasuk pengembangan pendidikan pesantren, integrasi agama dan ilmu pengetahuan, pendidikan karakter, serta tantangan dalam industrialisasi pedesaan. Dalam edisi ini, terdapat beberapa artikel yang membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan Islam. Artikel pertama, “The Pesantren Network in Samarinda” oleh Khojir, menggambarkan model dan implikasi jaringan pesantren di Samarinda, yang menjadi contoh nyata keterlibatan masyarakat dalam pembangunan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Artikel lainnya, seperti “Empowerment of Santri in Reality and Recollection: Study in Pesantren Hubulo, Gorontalo” oleh Idham, membahas upaya penguatan santri dalam konteks aktual dan refleksi sejarah. Selain itu, terdapat studi tentang integrasi Islam dan sains di dua pesantren modern, yaitu Trensain di Jombang dan Sragen, yang dilakukan oleh Muhammad Munadi. Artikel ini menyoroti bagaimana pendidikan pesantren dapat menjadi tempat pembelajaran yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama. Kemudian, artikel yang membahas pengembangan multikulturalisme dalam pendidikan pesantren oleh Syarif Hidayatullah, serta reformasi sistem pendidikan pesantren dari perspektif filosofi pendidikan Islam oleh Maragustam, menunjukkan upaya-upaya transformasi dan modernisasi pendidikan pesantren dalam konteks kekinian. Dengan berbagai artikel yang disajikan, edisi ini memberikan gambaran tentang dinamika dan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, serta kontribusi pesantren dalam membentuk generasi yang berakhlak dan berpengetahuan. Jurnal ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan Islam yang ingin memahami peran pesantren dalam konteks pendidikan modern.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku Jurnal Pendidikan Islam (JPI) – Volume 5, Nomor 1, Juni 2016 / 1437 Jurnal Pendidikan Islam (JPI) – Volume 5, Nomor 1, Juni 2016, merupakan edisi ke-5 dari jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini berfokus pada studi-studi yang relevan dengan isu-isu pendidikan Islam, termasuk pengembangan pendidikan pesantren, integrasi agama dan ilmu pengetahuan, pendidikan karakter, serta tantangan dalam industrialisasi pedesaan. Dalam edisi ini, terdapat beberapa artikel yang membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan Islam. Artikel pertama, “The Pesantren Network in Samarinda” oleh Khojir, menggambarkan model dan implikasi jaringan pesantren di Samarinda, yang menjadi contoh nyata keterlibatan masyarakat dalam pembangunan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Artikel lainnya, seperti “Empowerment of Santri in Reality and Recollection: Study in Pesantren Hubulo, Gorontalo” oleh Idham, membahas upaya penguatan santri dalam konteks aktual dan refleksi sejarah. Selain itu, terdapat studi tentang integrasi Islam dan sains di dua pesantren modern, yaitu Trensain di Jombang dan Sragen, yang dilakukan oleh Muhammad Munadi. Artikel ini menyoroti bagaimana pendidikan pesantren dapat menjadi tempat pembelajaran yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama. Kemudian, artikel yang membahas pengembangan multikulturalisme dalam pendidikan pesantren oleh Syarif Hidayatullah, serta reformasi sistem pendidikan pesantren dari perspektif filosofi pendidikan Islam oleh Maragustam, menunjukkan upaya-upaya transformasi dan modernisasi pendidikan pesantren dalam konteks kekinian. Dengan berbagai artikel yang disajikan, edisi ini memberikan gambaran tentang dinamika dan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, serta kontribusi pesantren dalam membentuk generasi yang berakhlak dan berpengetahuan. Jurnal ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan Islam yang ingin memahami peran pesantren dalam konteks pendidikan modern.

Detail Buku

Jumlah Halaman 0
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2016
ISBN ISSN 2301-9166
eISBN
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 5 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 5 No-2

Khojir dkk