Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam *Jurnal Pendidikan Islam (JPI)*, Volume 5, Nomor 1, Juni 2016/1437. Buku ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam yang relevan dengan konteks lokal dan kebudayaan Nusantara. Artikel-artikel dalam buku ini membahas berbagai topik seperti nilai-nilai pendidikan Islam yang diintegrasikan dalam seni wayang, pendidikan Islam Nusantara yang moderat dan toleran, penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, serta studi kasus pendidikan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Buku ini juga mencakup penelitian tentang sejarah buku penerjemahan bahasa Arab-Jawa dalam pendidikan Islam Nusantara, serta pengembangan pendidikan Islam berdasarkan konsep Islam Nusantara di berbagai institusi pendidikan tinggi. Selain itu, buku ini juga menggambarkan penerapan pendidikan Islam dalam konteks kehidupan masyarakat pesisir dan penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan Islam. Dengan berbagai topik yang relevan dan kontekstual, buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan Islam yang ingin memahami lebih dalam tentang peran pendidikan dalam membangun nilai-nilai keislaman yang moderat, toleran, dan berakar pada kearifan lokal Nusantara.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam *Jurnal Pendidikan Islam (JPI)*, Volume 5, Nomor 1, Juni 2016/1437. Buku ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam yang relevan dengan konteks lokal dan kebudayaan Nusantara. Artikel-artikel dalam buku ini membahas berbagai topik seperti nilai-nilai pendidikan Islam yang diintegrasikan dalam seni wayang, pendidikan Islam Nusantara yang moderat dan toleran, penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, serta studi kasus pendidikan Islam di berbagai daerah di Indonesia. Buku ini juga mencakup penelitian tentang sejarah buku penerjemahan bahasa Arab-Jawa dalam pendidikan Islam Nusantara, serta pengembangan pendidikan Islam berdasarkan konsep Islam Nusantara di berbagai institusi pendidikan tinggi. Selain itu, buku ini juga menggambarkan penerapan pendidikan Islam dalam konteks kehidupan masyarakat pesisir dan penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan Islam. Dengan berbagai topik yang relevan dan kontekstual, buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan Islam yang ingin memahami lebih dalam tentang peran pendidikan dalam membangun nilai-nilai keislaman yang moderat, toleran, dan berakar pada kearifan lokal Nusantara.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | ISSN 2301-9166 |
eISBN |