Logo Bacabuku
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 4 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 4 No-2

Wedra Aprison dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan pandangan mendalam tentang status ilmu dari perspektif ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam konteks pandangan Islam. Penulis menjelaskan perbedaan pandangan antara dua kelompok utama dalam memandang peran ilmu dalam konteks Islam. Kelompok pertama, yang dipelopori oleh Ismail Raji al-Faruqi, mengusung gagasan *Islamization of Knowledge* yang didasarkan pada prinsip *tawhîd* (kesatuan Allah) dan prinsip-prinsip kesatuan ciptaan, kebenaran, pengetahuan, hidup, dan kemanusiaan. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Syed Naquib Al-Attas melalui konsep *desekularisasi ilmu*. Di sisi yang berlawanan, kelompok lain menolak pendekatan islamisasi yang terstruktur dan lebih menganut pendekatan alami dalam pengembangan ilmu. Tokoh-tokoh seperti Fazlur Rahman dan Pervez A. Hoodhboy menekankan bahwa manusia memiliki kerangka berfikir sendiri dan tidak perlu metode khusus untuk membimbing pemikiran, selama energi, pembiayaan, dan fasilitas digunakan secara optimal dalam pengembangan ilmu. Dalam konteks ini, Harun Nasution disebutkan sebagai tokoh yang mempertimbangkan keseimbangan antara sains dan agama. Menurutnya, karena Islam adalah agama dan kebudayaan, maka metode penelitian yang digunakan dalam ilmu tidak perlu berbeda secara esensial dari metode penelitian umum. Pandangan ini menekankan pentingnya integrasi antara ilmu dan agama tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar keislaman. Buku ini juga menyajikan latar belakang tentang Jurnal Pendidikan Islam (JPI), yang merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini terakreditasi oleh Kemenristekdikti dan terindeks oleh lembaga pengindeks nasional dan internasional. Buku ini bertujuan untuk memperkaya literatur ilmu pendidikan Islam dengan wacana yang kritis, mendalam, dan relevan dalam konteks modern. Kata Kunci: Epistemologi, Metodologi, Sunnatullah, Desekularisasi Ilmu, Islamization of Knowledge, Integrasi Ilmu dan Agama.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan pandangan mendalam tentang status ilmu dari perspektif ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam konteks pandangan Islam. Penulis menjelaskan perbedaan pandangan antara dua kelompok utama dalam memandang peran ilmu dalam konteks Islam. Kelompok pertama, yang dipelopori oleh Ismail Raji al-Faruqi, mengusung gagasan *Islamization of Knowledge* yang didasarkan pada prinsip *tawhîd* (kesatuan Allah) dan prinsip-prinsip kesatuan ciptaan, kebenaran, pengetahuan, hidup, dan kemanusiaan. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Syed Naquib Al-Attas melalui konsep *desekularisasi ilmu*. Di sisi yang berlawanan, kelompok lain menolak pendekatan islamisasi yang terstruktur dan lebih menganut pendekatan alami dalam pengembangan ilmu. Tokoh-tokoh seperti Fazlur Rahman dan Pervez A. Hoodhboy menekankan bahwa manusia memiliki kerangka berfikir sendiri dan tidak perlu metode khusus untuk membimbing pemikiran, selama energi, pembiayaan, dan fasilitas digunakan secara optimal dalam pengembangan ilmu. Dalam konteks ini, Harun Nasution disebutkan sebagai tokoh yang mempertimbangkan keseimbangan antara sains dan agama. Menurutnya, karena Islam adalah agama dan kebudayaan, maka metode penelitian yang digunakan dalam ilmu tidak perlu berbeda secara esensial dari metode penelitian umum. Pandangan ini menekankan pentingnya integrasi antara ilmu dan agama tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar keislaman. Buku ini juga menyajikan latar belakang tentang Jurnal Pendidikan Islam (JPI), yang merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal ini terakreditasi oleh Kemenristekdikti dan terindeks oleh lembaga pengindeks nasional dan internasional. Buku ini bertujuan untuk memperkaya literatur ilmu pendidikan Islam dengan wacana yang kritis, mendalam, dan relevan dalam konteks modern. Kata Kunci: Epistemologi, Metodologi, Sunnatullah, Desekularisasi Ilmu, Islamization of Knowledge, Integrasi Ilmu dan Agama.

Detail Buku

Jumlah Halaman 0
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2015
ISBN ISSN 2301-9166
eISBN
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 4 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 4 No-2

Wedra Aprison dkk