Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengelolaan pendidikan agama di sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya di sekolah Republik Indonesia di Tokyo, Jepang. Penulis menjelaskan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, setiap satuan pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut peserta didiknya. Namun, dalam praktiknya, pendidikan agama di sekolah luar negeri masih mengalami kendala karena kurangnya arahan, pembinaan, supervisi, dan evaluasi dari Kementerian Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai pelaksanaan pendidikan agama di sekolah Republik Indonesia di Tokyo, Jepang, agar dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan. Dua aspek utama yang dibahas adalah: pertama, pemenuhan hak peserta didik untuk menerima pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya, sebagaimana diatur dalam UU No. 20/2003 dan PP No. 55/2007; kedua, pengelolaan guru agama dan pembelajaran pendidikan agama yang harus dilaksanakan secara optimal dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, yang merupakan kewenangan Kementerian Agama. Kata kunci yang relevan dalam buku ini adalah *Pendidikan Agama, Pengelolaan, Sekolah Luar Negeri*. Buku ini memberikan wawasan penting mengenai tantangan dan upaya dalam memastikan pendidikan agama berjalan secara efektif di lingkungan pendidikan luar negeri.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengelolaan pendidikan agama di sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya di sekolah Republik Indonesia di Tokyo, Jepang. Penulis menjelaskan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, setiap satuan pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut peserta didiknya. Namun, dalam praktiknya, pendidikan agama di sekolah luar negeri masih mengalami kendala karena kurangnya arahan, pembinaan, supervisi, dan evaluasi dari Kementerian Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai pelaksanaan pendidikan agama di sekolah Republik Indonesia di Tokyo, Jepang, agar dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan. Dua aspek utama yang dibahas adalah: pertama, pemenuhan hak peserta didik untuk menerima pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya, sebagaimana diatur dalam UU No. 20/2003 dan PP No. 55/2007; kedua, pengelolaan guru agama dan pembelajaran pendidikan agama yang harus dilaksanakan secara optimal dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, yang merupakan kewenangan Kementerian Agama. Kata kunci yang relevan dalam buku ini adalah *Pendidikan Agama, Pengelolaan, Sekolah Luar Negeri*. Buku ini memberikan wawasan penting mengenai tantangan dan upaya dalam memastikan pendidikan agama berjalan secara efektif di lingkungan pendidikan luar negeri.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | ISSN 2301-9166 |
eISBN |