Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat sebagai dasar pengembangan Ilmu dan Teknologi Pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa praktik pendidikan Islam saat ini cenderung dipandu oleh pemikiran sekuler, sehingga kurang memiliki arah dan sulit bersaing secara global. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang lebih teoritis dan berbasis Filsafat Islam, khususnya gagasan kecerdasan makrifat, yaitu kemampuan untuk memahami dan menyadari kehadiran Tuhan dalam segala aspek kehidupan manusia serta memperdalam pengetahuan tentang-Nya dan kedekatan hubungan dengan-Nya. Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat ini dianggap sebagai solusi kreatif untuk mengatasi berbagai tantangan pendidikan Islam, sekaligus menawarkan model pendidikan alternatif yang lebih efektif dan bermutu. Model ini diwujudkan melalui pengembangan boarding school yang berfokus pada percepatan pembelajaran, dengan durasi pendidikan dasar (SD 4 tahun) dan menengah (SLTP-SLTA 4 tahun), sehingga peserta didik dapat memasuki jenjang pendidikan tinggi lebih cepat. Buku ini juga mengupas peran penting Filsafat Islam dalam membentuk praktek pendidikan Islam yang lebih komprehensif dan berorientasi pada pengembangan manusia secara utuh, baik secara intelektual, spiritual, maupun sosial. Dengan pendekatan ini, pendidikan Islam diharapkan mampu menjadi pendorong utama dalam membangun generasi yang beriman, bertaqwa, dan berkompetensi tinggi dalam menghadapi tantangan zaman.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat sebagai dasar pengembangan Ilmu dan Teknologi Pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa praktik pendidikan Islam saat ini cenderung dipandu oleh pemikiran sekuler, sehingga kurang memiliki arah dan sulit bersaing secara global. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang lebih teoritis dan berbasis Filsafat Islam, khususnya gagasan kecerdasan makrifat, yaitu kemampuan untuk memahami dan menyadari kehadiran Tuhan dalam segala aspek kehidupan manusia serta memperdalam pengetahuan tentang-Nya dan kedekatan hubungan dengan-Nya. Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat ini dianggap sebagai solusi kreatif untuk mengatasi berbagai tantangan pendidikan Islam, sekaligus menawarkan model pendidikan alternatif yang lebih efektif dan bermutu. Model ini diwujudkan melalui pengembangan boarding school yang berfokus pada percepatan pembelajaran, dengan durasi pendidikan dasar (SD 4 tahun) dan menengah (SLTP-SLTA 4 tahun), sehingga peserta didik dapat memasuki jenjang pendidikan tinggi lebih cepat. Buku ini juga mengupas peran penting Filsafat Islam dalam membentuk praktek pendidikan Islam yang lebih komprehensif dan berorientasi pada pengembangan manusia secara utuh, baik secara intelektual, spiritual, maupun sosial. Dengan pendekatan ini, pendidikan Islam diharapkan mampu menjadi pendorong utama dalam membangun generasi yang beriman, bertaqwa, dan berkompetensi tinggi dalam menghadapi tantangan zaman.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | ISSN 2301-9166 |
eISBN |