Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu deradikalisasi dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada upaya untuk menata kembali sistem pendidikan Islam agar lebih mengedepankan sikap toleran, inklusif, dan humanis. Buku ini menggali kembali khazanah pesantren sebagai sumber inspirasi dan alternatif dalam pengembangan pendidikan Islam yang tidak radikal. Dalam konteks ini, buku ini menyajikan beberapa artikel yang membahas berbagai aspek terkait radikalisme dalam pendidikan Islam, mulai dari definisi dan ciri-ciri radikalisme hingga analisis penyebab dan solusi untuk mengatasi radikalisme di lembaga pendidikan Islam. Artikel-artikel dalam buku ini juga mengeksplorasi peran pendidikan dalam mencegah radikalisme, melalui pendekatan pendidikan perdamaian, pendidikan berbasis anti terorisme, serta pendekatan yang lebih kontekstual dan berbasis nilai-nilai keislaman yang sejati. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, praktisi pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin memahami dan mengambil bagian dalam upaya deradikalisasi dalam konteks pendidikan Islam di masa kini dan masa depan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu deradikalisasi dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada upaya untuk menata kembali sistem pendidikan Islam agar lebih mengedepankan sikap toleran, inklusif, dan humanis. Buku ini menggali kembali khazanah pesantren sebagai sumber inspirasi dan alternatif dalam pengembangan pendidikan Islam yang tidak radikal. Dalam konteks ini, buku ini menyajikan beberapa artikel yang membahas berbagai aspek terkait radikalisme dalam pendidikan Islam, mulai dari definisi dan ciri-ciri radikalisme hingga analisis penyebab dan solusi untuk mengatasi radikalisme di lembaga pendidikan Islam. Artikel-artikel dalam buku ini juga mengeksplorasi peran pendidikan dalam mencegah radikalisme, melalui pendekatan pendidikan perdamaian, pendidikan berbasis anti terorisme, serta pendekatan yang lebih kontekstual dan berbasis nilai-nilai keislaman yang sejati. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, praktisi pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin memahami dan mengambil bagian dalam upaya deradikalisasi dalam konteks pendidikan Islam di masa kini dan masa depan.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | ISSN 2301-9166 |
eISBN |