Logo Bacabuku
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 1 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 1 No-2

Ali Imron dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu kekerasan dalam pendidikan Islam, khususnya dalam konteks kebolehan memukul anak didik sebagai bentuk pendidikan. Penulis mengkritik pemahaman yang keliru terhadap hadis tarbawi yang berbunyi, *"Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat saat mereka usia tujuh tahun dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun."* Banyak pihak memahami hadis tersebut sebagai perintah yang wajib dilakukan, sehingga kekerasan dianggap sah dan dibenarkan dalam konteks pendidikan. Namun, penulis menegaskan bahwa pemahaman ini bertentangan dengan prinsip-prinsip pendidikan modern yang menekankan perlindungan anak, pengembangan mental, dan peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini juga menjelaskan dampak negatif kekerasan terhadap tumbuh kembang anak, baik secara psikologis maupun fisik. Berdasarkan penelitian-penelitian terkini, kekerasan yang sering dialami anak dapat menghambat perkembangan intelektual, memperparah perilaku agresif, dan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Penulis menekankan pentingnya interpretasi baru terhadap hadis tersebut, yang lebih sejalan dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang humanis, inklusif, dan berbasis hak anak. Selain itu, buku ini menyoroti urgensi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam, sejalan dengan pandangan tokoh seperti Ki Ageneng Suryomentaram, serta mengusulkan metode dan model pendidikan yang lebih modern dan efektif dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para guru, orang tua, dan pemangku kebijakan dalam membangun sistem pendidikan yang beretika, berakhlak, dan berkeadilan.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas isu kekerasan dalam pendidikan Islam, khususnya dalam konteks kebolehan memukul anak didik sebagai bentuk pendidikan. Penulis mengkritik pemahaman yang keliru terhadap hadis tarbawi yang berbunyi, *\"Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat saat mereka usia tujuh tahun dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun.\"* Banyak pihak memahami hadis tersebut sebagai perintah yang wajib dilakukan, sehingga kekerasan dianggap sah dan dibenarkan dalam konteks pendidikan. Namun, penulis menegaskan bahwa pemahaman ini bertentangan dengan prinsip-prinsip pendidikan modern yang menekankan perlindungan anak, pengembangan mental, dan peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini juga menjelaskan dampak negatif kekerasan terhadap tumbuh kembang anak, baik secara psikologis maupun fisik. Berdasarkan penelitian-penelitian terkini, kekerasan yang sering dialami anak dapat menghambat perkembangan intelektual, memperparah perilaku agresif, dan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Penulis menekankan pentingnya interpretasi baru terhadap hadis tersebut, yang lebih sejalan dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang humanis, inklusif, dan berbasis hak anak. Selain itu, buku ini menyoroti urgensi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam, sejalan dengan pandangan tokoh seperti Ki Ageneng Suryomentaram, serta mengusulkan metode dan model pendidikan yang lebih modern dan efektif dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para guru, orang tua, dan pemangku kebijakan dalam membangun sistem pendidikan yang beretika, berakhlak, dan berkeadilan.

Detail Buku

Jumlah Halaman 0
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2012
ISBN ISSN 2301-9166
eISBN
Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 1 No-2

Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Vol 1 No-2

Ali Imron dkk