Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pendidikan agama Islam yang inklusif dan multikultural dalam konteks keberagaman bangsa Indonesia. Dalam era reformasi, kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan besar akibat konflik yang semakin kompleks, baik secara vertikal maupun horisontal. Konflik tersebut berakar dari ketidakmampuan sistem pendidikan, termasuk pendidikan agama, dalam membina kearifan dan kesadaran kebhinekaan di tengah masyarakat yang majemuk. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, para ilmuwan dan tokoh intelektual mengusulkan pentingnya pendidikan multikultural sebagai solusi untuk memperkuat integrasi nasional dan mengembangkan semangat kebangsaan yang inklusif. Buku ini juga menegaskan bahwa Islam di Indonesia harus menjadi agama yang ramah, terbuka, dan mampu beradaptasi dengan realitas sosial-budaya yang plural, sekaligus tidak terjebak dalam kepentingan primordialistik yang mengancam persatuan. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai studi dan analisis terkait pendidikan agama Islam yang berorientasi multikultural, termasuk upaya-upaya dalam membangun karakter peserta didik yang humanis-religius, serta pentingnya pendidikan agama dalam konteks nasional dan internasional. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini menjadi referensi penting dalam upaya membangun pendidikan agama yang relevan dan berkontribusi pada keberlanjutan bangsa Indonesia yang harmonis dan berkebhinekaan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pendidikan agama Islam yang inklusif dan multikultural dalam konteks keberagaman bangsa Indonesia. Dalam era reformasi, kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan besar akibat konflik yang semakin kompleks, baik secara vertikal maupun horisontal. Konflik tersebut berakar dari ketidakmampuan sistem pendidikan, termasuk pendidikan agama, dalam membina kearifan dan kesadaran kebhinekaan di tengah masyarakat yang majemuk. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, para ilmuwan dan tokoh intelektual mengusulkan pentingnya pendidikan multikultural sebagai solusi untuk memperkuat integrasi nasional dan mengembangkan semangat kebangsaan yang inklusif. Buku ini juga menegaskan bahwa Islam di Indonesia harus menjadi agama yang ramah, terbuka, dan mampu beradaptasi dengan realitas sosial-budaya yang plural, sekaligus tidak terjebak dalam kepentingan primordialistik yang mengancam persatuan. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai studi dan analisis terkait pendidikan agama Islam yang berorientasi multikultural, termasuk upaya-upaya dalam membangun karakter peserta didik yang humanis-religius, serta pentingnya pendidikan agama dalam konteks nasional dan internasional. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini menjadi referensi penting dalam upaya membangun pendidikan agama yang relevan dan berkontribusi pada keberlanjutan bangsa Indonesia yang harmonis dan berkebhinekaan.
Jumlah Halaman | 140 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2012 |
ISBN | ISSN 2301-9166 |
eISBN |