Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam *Jurnal Pena Dimensi Pendidikan*, Volume II, Nomor 2, April 2016. Buku ini menggambarkan upaya dan komitmen PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) Kabupaten Blitar dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui karya tulis ilmiah para guru. Artikel-artikel yang terkumpul dalam buku ini mengeksplorasi berbagai aspek pendidikan, mulai dari peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, penerapan model pembelajaran kooperatif, penggunaan media pembelajaran, hingga pengembangan karakter siswa melalui keteladanan guru. Beberapa topik yang dibahas secara mendalam meliputi: - Strategi Story Ladders untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan siswa SD. - Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. - Pengaruh persepsi siswa terhadap penggunaan media Power Point dan lingkungan sekitar terhadap motivasi belajar. - Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan penalaran matematika siswa. - Peningkatan kreativitas melukis melalui teknik meniup dengan sedotan pada anak TK. - Peningkatan kemampuan menulis siswa SMA melalui penggunaan mind mapping. - Peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran langsung. - Peningkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran STAD. - Keteladanan guru dalam pembinaan dan pengembangan karakter siswa di sekolah. Artikel-artikel dalam buku ini tidak hanya memperlihatkan upaya para penulis dalam melakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran, tetapi juga mencerminkan komitmen PGRI Kabupaten Blitar dalam memperkaya karya tulis ilmiah guru sebagai bagian dari peningkatan profesionalisme pendidikan di Indonesia. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, peneliti, dan pembaca yang tertarik pada isu-isu terkini dalam dunia pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam *Jurnal Pena Dimensi Pendidikan*, Volume II, Nomor 2, April 2016. Buku ini menggambarkan upaya dan komitmen PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) Kabupaten Blitar dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui karya tulis ilmiah para guru. Artikel-artikel yang terkumpul dalam buku ini mengeksplorasi berbagai aspek pendidikan, mulai dari peningkatan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, penerapan model pembelajaran kooperatif, penggunaan media pembelajaran, hingga pengembangan karakter siswa melalui keteladanan guru. Beberapa topik yang dibahas secara mendalam meliputi: - Strategi Story Ladders untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan siswa SD. - Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. - Pengaruh persepsi siswa terhadap penggunaan media Power Point dan lingkungan sekitar terhadap motivasi belajar. - Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan penalaran matematika siswa. - Peningkatan kreativitas melukis melalui teknik meniup dengan sedotan pada anak TK. - Peningkatan kemampuan menulis siswa SMA melalui penggunaan mind mapping. - Peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran langsung. - Peningkatan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran STAD. - Keteladanan guru dalam pembinaan dan pengembangan karakter siswa di sekolah. Artikel-artikel dalam buku ini tidak hanya memperlihatkan upaya para penulis dalam melakukan penelitian dan pengembangan pembelajaran, tetapi juga mencerminkan komitmen PGRI Kabupaten Blitar dalam memperkaya karya tulis ilmiah guru sebagai bagian dari peningkatan profesionalisme pendidikan di Indonesia. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, peneliti, dan pembaca yang tertarik pada isu-isu terkini dalam dunia pendidikan.
Jumlah Halaman | 129 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 977-240-077-0200-9 |
eISBN |