Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak, terutama dalam konteks pendidikan bahasa Inggris dan dampak kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap proses belajar mengajar. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang saling terkait, di antaranya adalah: 1. Pembelajaran Bahasa Inggris Sejak Dini – Bab ini menjelaskan pentingnya belajar bahasa Inggris sejak usia dini, serta metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan kemampuan anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Beberapa strategi seperti pembelajaran kelompok dan metode yang menarik dianjurkan untuk meningkatkan partisipasi anak dalam proses belajar. 2. Penerapan Kelompok Belajar Bahasa Inggris – Bab ini membahas bagaimana kelompok belajar dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris anak-anak. Dengan pembelajaran kolaboratif, anak-anak diberikan kesempatan untuk berinteraksi, berbicara, dan berlatih secara aktif dalam lingkungan yang mendukung. 3. Dampak Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak – Bab ini mengeksplorasi hubungan antara kondisi ekonomi orang tua dan kemampuan pendidikan anak. Dikemukakan bahwa kondisi ekonomi yang kurang memadai dapat memengaruhi akses dan kualitas pendidikan yang diterima anak-anak, terutama di daerah seperti Dusun Rupaitu. 4. Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Masa Pandemi – Bab ini berfokus pada pentingnya pendidikan karakter dalam konteks pandemi, di mana kebiasaan belajar dan interaksi sosial terganggu. Dalam bab ini, disampaikan nilai-nilai yang seharusnya diterapkan dalam pendidikan karakter, serta cara implementasinya dalam lingkungan sekolah dan keluarga. Buku ini merupakan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Pattimura, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Dusun Rupaitu, Kabupaten Indramayu. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis komunitas, buku ini menjadi panduan praktis dalam upaya membangun desa melalui pendidikan.
Book chapter ini didasari oleh masalah
Jumlah Halaman | 122 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-5687-13-1 |
eISBN | proses |