1 Islam dan Bangsa Pasca Suharto T AK dapat disangkal kajian Indonesia sejak tahun 1980an telah menyaksikan kebangkitan Islam yang belum pernah terjadi di sepanjang sejarah Ketika bukti perkembangan ini pertama kali menjadi perhatian para spesialis Indonesia dari Barat banyak yang merasa skeptis Mereka masih yakin negara dan masyarakat sepenuhnya dikuasai oleh abangan sehingga tidak mungkin terjadi transformasi kultural seperti itu Namun setengah generasi berikutnya sebagian besar pengamat kini sepakat bahwa telah terjadi perubahan berarti dalam kedudukan sosial Islam sejak paruh kedua era Suharto Hanya saja para pengamat tidak sepakat dalam menilai implikasi kebangkitan Islam itu bagi masa depan Indonesia Apakah kebangkitan itu memberi harapan bagi warisan pluralisme keagamaan dan etnik Indonesia yang luar biasa Atau mungkin ia memainkan peranan positif bagi upaya peningkatan dukungan sosial bagi1 Islam dan Bangsa Pasca Suharto T AK dapat disangkal kajian Indonesia sejak tahun 1980an telah menyaksikan kebangkitan Islam yang belum pernah terjadi di sepanjang sejarah Ketika bukti perkembangan ini pertama kali menjadi perhatian para spesialis Indonesia dari Barat banyak yang merasa skeptis Mereka masih yakin negara dan masyarakat sepenuhnya dikuasai ...oleh abangan sehingga tidak mungkin terjadi transformasi kultural seperti itu Namun setengah generasi berikutnya sebagian besar pengamat kini sepakat bahwa telah terjadi perubahan berarti dalam kedudukan sosial Islam sejak paruh kedua era Suharto Hanya saja para pengamat tidak sepakat dalam menilai implikasi kebangkitan Islam itu bagi masa depan Indonesia Apakah kebangkitan itu memberi harapan bagi warisan pluralisme keagamaan dan etnik Indonesia yang luar biasa Atau mungkin ia memainkan peranan positif bagi upaya peningkatan dukungan sosial bagi