Sinopsis Buku: "IPS Asyik dengan Strategi Cornell" Buku ini membahas tantangan dan permasalahan dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah. Penulis menjelaskan bagaimana siswa sering kali merasa bosan, tidak tertarik, dan kesulitan memahami materi IPS karena pendekatan pengajaran yang monoton dan kurang interaktif. Buku ini juga mengungkapkan keluhan siswa seperti materi yang terasa membosankan, banyak hafalan, dan kesulitan mengingat informasi. Dalam upaya mengatasi tantangan tersebut, buku ini memperkenalkan strategi pembelajaran yang inovatif, yaitu *Strategi Cornell*. Strategi ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman, dan meningkatkan daya ingat melalui pendekatan aktif dan kreatif. Buku ini juga menjelaskan hubungan antara strategi pencatatan Cornell dengan prinsip pembelajaran aktif, serta bagaimana strategi ini dapat diadaptasi sesuai dengan gaya belajar siswa. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai gambar dan ilustrasi yang mendukung pemahaman pembaca, serta memberikan penjelasan tentang peran media dalam pembelajaran, seperti kerucut pengalaman Edgar Dale. Buku ini sangat relevan bagi guru dan pelaku pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPS agar lebih menarik, efektif, dan menyenangkan bagi siswa.
Siapa bilang IPS adalah pelajaran yang kurang menarik penuh hafalan dan banyak catatan Bagi sebagian siswa hal itu benar Mengapa Karena mereka belum mengetahui cara untuk membuat catatan yang efektif dan bermakna Permasalahannya kalau catatan saja berantakan bagaimana siswa dapat belajar dengan baik Untuk itu diperlukan sebuah strategi dalam pencatatan yang efektif Buku IPS Asyik dengan Strategi Cornell ini merupakan salah satu alternatif untuk menjadikan pembelajaran IPS ASYIK lebih mudah dipahami dan diingat
| Jumlah Halaman | 80 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2023 |
| ISBN | 978-623-383-781-1 |
| eISBN | proses |