Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pola pengasuhan anak tunagrahita ringan dalam konteks interaksi sosial, dengan pendekatan teoritis yang mendalam dan relevan. Penulis, Dr. Teresia Noiman Derung, S.Pd., M.Th, menggambarkan bagaimana interaksi sosial yang terjadi dalam lingkungan panti asuhan menjadi fondasi penting dalam proses pengasuhan anak-anak dengan keterbatasan intelektual dan kognitif. Anak-anak tunagrahita ringan membutuhkan perhatian intensif dan kehangatan kemanusiaan yang tidak dapat tergantikan oleh metode pengasuhan yang bersifat formal dan terstruktur. Dalam buku ini, penulis menekankan bahwa pengasuhan anak tunagrahita ringan tidak hanya tentang memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga tentang membangun hubungan yang penuh kasih, empati, dan pengertian. Interaksi sosial dalam konteks ini bukan hanya sekadar pertukaran informasi atau hubungan dinamis antar individu, tetapi juga merupakan penguatan identitas diri anak melalui respon dan perhatian dari orang lain. Penulis juga menggambarkan bagaimana teori interaksi sosial dapat diterapkan dalam realitas manusia sebagai makhluk individu dan sosial, serta bagaimana keterbatasan intelektual dan kognitif anak tunagrahita ringan memengaruhi proses interaksi dan pengasuhan mereka. Buku ini menjadi referensi yang berharga bagi para pelaku pengasuhan, pendidik, dan peneliti dalam memahami dan mengembangkan pendekatan pengasuhan yang lebih manusiawi dan berkeadilan terhadap anak tunagrahita ringan. Dengan pendekatan yang kritis, reflektif, dan penuh kasih, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya interaksi sosial dalam membentuk identitas, kepercayaan diri, dan kesejahteraan psikososial anak tunagrahita ringan.
Interaksi yang terjadi antara pengasuh dengan anak tunagrahita ringan dalam kegiatan membaca merupakan interaksi timbal balik yang berlangsung secara terus menerus Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama antara lain karena faktor minimnya jumlah pengasuh serta kendala individu pada anak anak tunagrahita ringan Oleh karena itu Buku ini mencoba menelaah interaksi sosial yang terjadi pada pengasuhan anak tunagrahita berdasarkan teori interaksi sosial Penulis juga berusaha menggambarkan teori interaksi sosial pada realitas manusia sebagai makluk hidup manusia berperan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Jumlah Halaman | 146 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Edulitera |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6634-27-1 |
eISBN | proses |