Logo Bacabuku
Interaksi Simbolik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan dan Psikologi

Interaksi Simbolik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan dan Psikologi

Dr. Abdul Muhid, M.Si.; Dr. Winarto Eka Wahyudi, M.Pd.I.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Interaksi Simbolik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan dan Psikologi* karya Dr. Abdul Muhid dan Dr. Winarto Eka Wahyudi menyajikan teori interaksi simbolik sebagai alat analisis yang relevan dalam memahami interaksi sosial, baik secara mikro maupun makro. Teori ini menggambarkan bahwa interaksi manusia dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan dan psikologi, tidak terlepas dari penggunaan simbol-simbol yang membawa makna tertentu. Buku ini memperkenalkan konsep-konsep inti dalam teori interaksi simbolik, termasuk konsep "diri" (the self) yang dikembangkan oleh George Herbert Mead dan William James, serta konsep "glass self" oleh Charles H. Cooley. Selain itu, buku ini juga membahas teori labelling oleh Howard S. Becker, transformasi identitas oleh Anselm Strauss, dan pendekatan metodologis dari para tokoh seperti Norman Denzin, Aaron Cicourel, Jack Douglas, dan Herbert Blumer. Selain pemaparan konseptual, buku ini juga menyajikan pendekatan operasional dan metodologis dalam penerapan teori interaksi simbolik dalam penelitian pendidikan dan psikologi. Konsep-konsep kunci seperti diri, makna, simbol, persepsi, interpretasi, dan tindakan sosial menjadi unit analisis utama yang ditekankan dalam buku ini. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan dan psikologi yang ingin memahami lebih dalam tentang bagaimana simbol dan makna berperan dalam interaksi sosial dan pembentukan identitas manusia. Dengan pendekatan yang komprehensif dan aplikatif, buku ini memberikan wawasan yang bermanfaat untuk pengembangan penelitian dan praktik di bidang pendidikan dan psikologi.

Sinopsis ebook

Buku ini akan sangat bermanfaat apabila dijadikan rujukan oleh para peneliti dan mahasiswa terutama mahasiswa pascasarjana S2 S3 yang dituntut mampu menghasilkan produk akademik Kajian sejarah tokoh dan teori teori dasar serta panduan praktis dalam penelitian menjadikan buku ini akan bernilai lebih bagi para pembaca Dalam buku ini dipaparkan pula secara lebih operasional acuan paradigmatik sekaligus prosedur metodologis interaksi simbolik dalam desain penelitian pendidikan dan psikologi Tentu saja kesemuanya berkait erat dengan konsep konsep kunci yang menjadi unit analisis teori ini konsep diri makna simbol pandangan atau persepsi intepretasi atau pemaknaan serta tindakan sosial

Detail Buku

Jumlah Halaman 139
Kategori Pendidikan
Penerbit Madani
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-602-0899-84-8
eISBN proses
Interaksi Simbolik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan dan Psikologi

Interaksi Simbolik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian Pendidikan dan Psikologi

Dr. Abdul Muhid, M.Si.; Dr. Winarto Eka Wahyudi, M.Pd.I.