AGAMA ANTARA INSTITUSIONALISASI DAN RASIONALISASI KEHIDUPAN PENDAHULUAN Agama dari dulu sampai kini sepertinya masih menjadi misteri kehidupan orang cenderung akan merasa paham apa itu Agama namun ketika pembicaraan dilakukan secara lebih detail dan sistematis secara lebih ilmiah realitas Agama ternyata semakin sulit dipahami 1 Ini terbukti dari banyaknya denisi maupun teori yang dibuat oleh para ilmuwan maupun penulis populer tentang Agama yang masing masing berbeda bukan hanya pada formulasi konseptualnya namun juga fakta empirisnya Misalnya ada yang menganggap salah satu elemen pokok sebuah Agama adalah adanya Tuhan sebagai pencipta Alam Semesta namun dalam kenyataan ada sejumlah Agama yang tidak memiliki konsep Tuhan seperti itu misalnya Buddhisme atau Jainisme Sementara ada juga yang memperdebatkan apakah sebuah sistem kepercayaan atau sistem lsafat kehidupan dalam tradisi Cina yang cenderung disebut Agama adalah Taoisme sementara Confusianisme Kong Hu Chu merupakan aliran lsafat yang lebih informal sementara di Indonesia Kong Hu Chu diakui sebagai Agama sementara Taoisme dianggap sebagai aliran faham lsafat Belum lagi ketika Agama dilihat dalam hubungannya dengan tindakan dan perilaku pengikutnya sejauh mana 1 Cathrine L Albanese America Religions and Religion California Wadsworth Publishing Company 1981 hlm 2AGAMA ANTARA INSTITUSIONALISASI DAN RASIONALISASI KEHIDUPAN PENDAHULUAN Agama dari dulu sampai kini sepertinya masih menjadi misteri kehidupan orang cenderung akan merasa paham apa itu Agama namun ketika pembicaraan dilakukan secara lebih detail dan sistematis secara lebih ilmiah realitas Agama ternyata semakin sulit dipahami 1 Ini terbukti dari banyaknya denisi maupun teori ...yang dibuat oleh para ilmuwan maupun penulis populer tentang Agama yang masing masing berbeda bukan hanya pada formulasi konseptualnya namun juga fakta empirisnya Misalnya ada yang menganggap salah satu elemen pokok sebuah Agama adalah adanya Tuhan sebagai pencipta Alam Semesta namun dalam kenyataan ada sejumlah Agama yang tidak memiliki konsep Tuhan seperti itu misalnya Buddhisme atau Jainisme Sementara ada juga yang memperdebatkan apakah sebuah sistem kepercayaan atau sistem lsafat kehidupan dalam tradisi Cina yang cenderung disebut Agama adalah Taoisme sementara Confusianisme Kong Hu Chu merupakan aliran lsafat yang lebih informal sementara di Indonesia Kong Hu Chu diakui sebagai Agama sementara Taoisme dianggap sebagai aliran faham lsafat Belum lagi ketika Agama dilihat dalam hubungannya dengan tindakan dan perilaku pengikutnya sejauh mana 1 Cathrine L Albanese America Religions and Religion California Wadsworth Publishing Company 1981 hlm 2