Sinopsis Buku: Buku *Inspirasi Media Pembelajaran Matematika* ini hadir sebagai panduan praktis dan kreatif bagi guru dan calon guru dalam merancang serta mengembangkan media pembelajaran Matematika yang efektif dan menarik. Buku ini memaparkan berbagai jenis media pembelajaran yang telah dibuat oleh penulis secara langsung, baik dalam penggunaan di rumah sebagai sarana belajar mandiri maupun di sekolah sebagai alat peraga dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam buku ini, penulis menyajikan beberapa contoh media pembelajaran Matematika yang telah teruji dan berhasil meningkatkan partisipasi, minat, serta pemahaman siswa. Beberapa media yang dibahas antara lain: Kartu Menghafal Perkalian, Puzzle Jodoh, Alat Peraga Dimensi Tiga, Domino Matematika, dan Kipas Jari Trigonometri. Setiap media tersebut dijelaskan secara rinci, termasuk cara pembuatan, penggunaan, dan manfaatnya dalam proses pembelajaran. Buku ini tidak hanya memberikan ide dan inspirasi, tetapi juga memberikan panduan praktis untuk membangun kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran Matematika. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media yang tepat, sehingga memfasilitasi proses belajar yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan sering dihindari oleh beberapa siswa Oleh karenanya para guru dan calon guru harus mampu membuat suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan sehingga matematika tidak lagi menjadi pelajaran yang menakutkan Salah satu cara untuk membuat matematika menjadi menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran Penggunaan media pembelajaran dapat lebih menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam belajar Pengalaman penulis sebagai guru saat menggunakan media pembelajaran Puzzle Jodoh dalam proses pembelajaran di kelas penulis melihat suasana kelas menjadi lebih aktif dan siswa bersungguh sungguh dalam menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan dalam bentuk media pembelajaran Puzzle Jodoh Di akhir kegiatan pembelajaran sebelum penulis keluar kelas seorang siswa menghampiri sambil request secara langsung Ibu sering sering ya belajar pakai media permainan Jadi senang bu belajarnya Hal inilah yang mendorong penulis untuk berpikir dan mencari inspirasi dalam membuat media pembelajaran lain yang dapat digunakan langsung oleh siswa Melalui buku ini penulis membagikan pengalamannya dalam membuat dan menggunakan beberapa media pembelajaran matematika yang dapat memberikan ide dan inspirasi bagi para guru dan calon guru Dalam buku ini dipaparkan cara membuat media pembelajaran serta cara menggunakannya dalam proses pembelajaran Media pembelajaran yang disajikan dalam buku ini terdiri dari Kartu Menghapal Perkalian Puzzle Jodoh Alat Peraga Dimensi Tiga Domino Matematika dan Kipas Jari Trigonometri Dilengkapi pula dengan foto foto proses pembuatan serta foto kegiatan pembelajarannya Buku ini remomended bagi para guru dan calon guru terutama guru matematika Dapat juga dijadikan sebagai inspirasi bagi para orang tua yang ingin membuat media pembelajaran yang menarik bagi putra putrinya di rumah
| Jumlah Halaman | 74 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-478-040-1 |
| eISBN |