Sinopsis Buku: Inquiry dalam Pembelajaran Sistem Gerak dan Pencernaan Manusia Buku ini menghadirkan pendekatan pembelajaran *inquiry* sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA, khususnya pada materi sistem gerak dan pencernaan manusia. Penulis, Afrita Heksa, S.Pd., berdasarkan pengalaman penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Cilongok pada Kelas VIII E tahun 2017/2018, menggambarkan bagaimana pembelajaran yang mengandalkan kemandirian peserta didik dapat mengembangkan rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, serta sikap kerja sama dalam kelompok. Buku ini juga menyajikan tantangan yang sering dihadapi peserta didik dalam proses belajar, seperti rasa takut bertanya, kesulitan menyusun kalimat, dan kurangnya penghargaan terhadap pendapat orang lain. Dengan pendekatan *inquiry*, pembelajaran diharapkan mampu memberikan ruang bagi peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mandiri, berdiskusi, dan mengembangkan ide-ide baru. Selain itu, buku ini juga menyampaikan pentingnya peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran yang inovatif, serta memberikan gambaran tentang bagaimana pembelajaran IPA dapat menjadi lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik. Buku ini sangat cocok sebagai sumber referensi bagi guru, pelajar, dan calon guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan *inquiry* yang berorientasi pada kemandirian dan kreativitas peserta didik.
Pembelajaran inquiry menekankan kepada proses mencari dan menemukan Peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran Sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar Pembelajaran metode ini mengharuskan siswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari masalah yang dipertanyakan Hal ini dapat diperoleh melalui tanya jawab antara guru dan siswa maupun antarsiswa Pendidikan IPA diarahkan untuk inquiry dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar Siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran IPA akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya juga Siswa akan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya manakala ia bisa menguasai materi pelajaran dan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari hari
Jumlah Halaman | 32 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0697-9 |
eISBN | 978-623-02-1309-0 |