Logo Bacabuku
INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING:Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan

INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING:Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan

M. Taufiq Amir, Ph.D.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas inovasi dalam pendidikan dengan fokus pada pendekatan *Problem Based Learning* (PBL), yaitu metode pembelajaran yang berpusat pada pemelajar (*learner centered*). Dalam konteks pendidikan Indonesia yang menghadapi berbagai tantangan, PBL dianggap sebagai solusi yang mampu memberdayakan pemelajar melalui pendekatan yang lebih terbuka, kritis, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata. Buku ini menjelaskan bahwa PBL tidak hanya sekadar metode pembelajaran, tetapi juga cara berpikir yang mengajarkan pemelajar untuk melihat masalah dari berbagai perspektif, merancang solusi yang lebih luas, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mengubah paradigma pendidikan yang masih berpusat pada guru (*teacher centered*) menjadi pendidikan yang lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat di era pengetahuan yang semakin cepat berubah. Penulis juga menekankan pentingnya diseminasi informasi tentang PBL kepada kalangan pendidik, dosen, guru, dan kawula muda agar metode ini dapat diterapkan secara luas. Dengan menerapkan PBL, institusi pendidikan diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak, termasuk pemelajar, institusi pengguna, dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Buku ini merupakan upaya perubahan dalam pendidikan, terutama dalam proses belajar mengajar (PBM), dengan harapan mampu mengembangkan kemampuan pemelajar untuk menghadapi tantangan masa depan secara lebih siap dan mandiri.

Sinopsis ebook

Buku ini mencoba menyajikan segala sesuatu yang berkaitan dengan problem based learning baik dalam tataran teori maupun pengaplikasiannya di lapangan Dalam buku ini bahasan bahasan yang dipaparkan antara lain mengenai pelaksanaan PBL dengan keterkaitan antara masalah dan efektivitas pembelajaran pengubahan paradigma belajar para pemelajar demi kesuksesan PBL evaluasi terhadap proses PBL contoh kasus pelaksanaan PBL

Detail Buku

Jumlah Halaman 150
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2016
ISBN 978-979-1486-63-7
eISBN 978-602-422-412-7
INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING:Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan

INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING:Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan

M. Taufiq Amir, Ph.D.