Sinopsis Buku: Buku ini membahas inovasi model pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini, yang merupakan bagian penting dari sistem pendidikan nasional Indonesia. Dalam buku ini, dijelaskan bahwa pendidikan usia dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Pendidikan anak usia 0–6 tahun diperlakukan sebagai tahap kritis dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial anak, yang sering disebut sebagai *golden age*. Buku ini juga mengupas pentingnya pembimbingan yang kompeten, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan berintegritas dalam mengelola dan mengembangkan program pendidikan anak usia dini. Penulis menekankan bahwa pembimbingan personil tidak hanya berupa pemberian pelatihan, tetapi juga melibatkan pengembangan kompetensi utuh, baik secara profesional maupun personal, untuk menciptakan pendidik yang mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Selain itu, buku ini menjelaskan landasan hukum pendidikan usia dini berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), serta peran penting dari penyelenggara pendidikan seperti KB, TK A, dan TK B dalam mendukung keberhasilan program PAUD. Buku ini juga menyajikan kontribusi dan dukungan yang diberikan oleh pembimbing literasi dan konsultan penelitian Kabupaten Banyumas, yang menjadi bagian penting dalam proses penyelesaian buku ini. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pelaku pendidikan usia dini, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan inovasi dalam pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas inovasi model pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini, yang merupakan bagian penting dari sistem pendidikan nasional Indonesia. Dalam buku ini, dijelaskan bahwa pendidikan usia dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Pendidikan anak usia 0–6 tahun diperlakukan sebagai tahap kritis dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial anak, yang sering disebut sebagai *golden age*. Buku ini juga mengupas pentingnya pembimbingan yang kompeten, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan berintegritas dalam mengelola dan mengembangkan program pendidikan anak usia dini. Penulis menekankan bahwa pembimbingan personil tidak hanya berupa pemberian pelatihan, tetapi juga melibatkan pengembangan kompetensi utuh, baik secara profesional maupun personal, untuk menciptakan pendidik yang mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Selain itu, buku ini menjelaskan landasan hukum pendidikan usia dini berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), serta peran penting dari penyelenggara pendidikan seperti KB, TK A, dan TK B dalam mendukung keberhasilan program PAUD. Buku ini juga menyajikan kontribusi dan dukungan yang diberikan oleh pembimbing literasi dan konsultan penelitian Kabupaten Banyumas, yang menjadi bagian penting dalam proses penyelesaian buku ini. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pelaku pendidikan usia dini, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan inovasi dalam pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Jumlah Halaman | 66 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-211-1 |
eISBN |