Logo Bacabuku
Inovasi Model Pembimbingan Personil

Inovasi Model Pembimbingan Personil

Mochamad Munif
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas inovasi model pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini, yang merupakan bagian penting dari sistem pendidikan nasional Indonesia. Dalam buku ini, dijelaskan bahwa pendidikan usia dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi. Pendidikan anak usia 0–6 tahun diperlakukan sebagai tahap kritis dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan sosial anak, yang sering disebut sebagai *golden age*. Buku ini juga mengupas pentingnya pembimbingan yang kompeten, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan berintegritas dalam mengelola dan mengembangkan program pendidikan anak usia dini. Penulis menekankan bahwa pembimbingan personil tidak hanya berupa pemberian pelatihan, tetapi juga melibatkan pengembangan kompetensi utuh, baik secara profesional maupun personal, untuk menciptakan pendidik yang mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal. Selain itu, buku ini menjelaskan landasan hukum pendidikan usia dini berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), serta peran penting dari penyelenggara pendidikan seperti KB, TK A, dan TK B dalam mendukung keberhasilan program PAUD. Buku ini juga menyajikan kontribusi dan dukungan yang diberikan oleh pembimbing literasi dan konsultan penelitian Kabupaten Banyumas, yang menjadi bagian penting dalam proses penyelesaian buku ini. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pelaku pendidikan usia dini, dan calon pendidik yang ingin memahami dan menerapkan inovasi dalam pembimbingan personil dalam konteks pendidikan anak usia dini.

Sinopsis ebook

Pendidikan Anak Usia Dini PAUD merupakan pendidikan yang sasaranya anak usia 0 6 tahun PAUD memiliki posisi strategis dalam pendidikan pada umumnya Pada usia dini anak sangat peka terhadap rangsangan untuk pertumbuhan jasmani dan rohaninya Upaya pendidikan yang dilakukan harus optimal untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan rohani anak Upaya itu ditujukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing kancah global Bentuk layanan pada satuan PAUD adalah Taman Kanak kanak TK Kelompok bermain KB Tempat Penitipan Anak TPA dan Satuan Paud Sejenis SPS Dalam pembelajaran satuan PAUD terjadi proses interaksi antara anak didik dan pendidik Dalam interaksi anak didik dan pendidik ada unsur bimbingan personil Pendidik hendaknya memiliki kompetensi untuk tugas pembimbingan personil dalam pembelajaran Dalam rangka memiliki kompetensi yang dibutuhkan pendidik harus memiliki pengetahuan berbagai model pembelajaran untuk dapat menemukan inovasi model pembimbingan personil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan usia dini Bagaimana bentuk dan langkah pembimbingan personil tersebut Untuk mendapatkan jawaban tersebut miliki dan baca buku ini

Detail Buku

Jumlah Halaman 66
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-248-211-1
eISBN
Inovasi Model Pembimbingan Personil

Inovasi Model Pembimbingan Personil

Mochamad Munif