Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar, proses, karakteristik, dan strategi inovasi dalam pendidikan, yang merupakan bagian penting dari upaya modernisasi dan pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Dalam bab pertama, buku ini memberikan latar belakang mengenai pentingnya inovasi pendidikan dalam konteks global dan lokal, termasuk referensi terhadap hasil penilaian PISA yang menunjukkan tantangan dan peluang dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Selanjutnya, buku ini menjelaskan secara rinci definisi dan perbedaan antara *discovery*, *invention*, dan *innovation*, serta menjelaskan konsep inovasi pendidikan secara mendalam. Bab ketiga fokus pada proses inovasi pendidikan, termasuk tahap-tahap pengambilan keputusan, difusi, dan diseminasi inovasi, serta bagaimana inovasi dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan pembelajaran. Di bab keempat, buku ini menguraikan karakteristik inovasi pendidikan dan berbagai strategi yang dapat digunakan untuk mendorong inovasi dalam sistem pendidikan, baik di tingkat akademik maupun non-akademik. Buku ini juga menyediakan latihan mandiri dan glosarium untuk memudahkan pembaca dalam memahami konsep-konsep yang disampaikan. Dengan pendekatan yang ilmiah dan praktis, buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan semua pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Perkembangan Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin hari semakin tidak terbayangkan oleh kemampuan akal manusia biasa oleh karena itu diperlukan suatu pengetahuan keterampilan dan sikap yang dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sebagai cara untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut Lembaga pendidikan formal nonformal dan informal sebagai wahana penghasil sumber daya manusia dengan semua unsur penyelenggaranya merupakan salah satu kunci dalam menghadapi era teknoloogi dan informasi Selanjutnya tenaga pendidik guru dosen tutor fasilitator wajib menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mentransfer materi pelajaran mata kuliah kepada para peserta didiknya sehingga para peserta didik mahasiswa warga belajar dalam proses pembelajaran akan lebih bermakna atau dengan kata lain paradigma mengajar akan lebih cenderung kepada s t u d e n t c e n t e r bukan sebaliknya t e a c h e r c e n t e r karena jaman yang mempengaruhi keadaan Buku ini merupakan ide pemikiran penulis yang dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tingginya rasa bosan siswa mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dan monotonnya para guru dosen dalam memberikan pengajaran sehingga lahirnya buku inovasi dan teknologi pembelajaran ini dengan harapan bisa menciptakan pembelajaran yang menyenengkan bagi peserta didik mahasiswa sehingga kualitas mutu akan bisa tercapai
Jumlah Halaman | 265 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-357-3 |
eISBN | 978-602-475-424-2 |