Logo Bacabuku
INOVASI BAHAN AJAR PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIDISIPLINER DI SEKOLAH

INOVASI BAHAN AJAR PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIDISIPLINER DI SEKOLAH

Septiana Purwaningrum, dkk.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan adaptasi dari disertasi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Multidisipliner di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepung-Kediri”, yang telah diujikan secara tertutup pada tanggal 8 Desember 2020. Buku ini disusun sebagai bentuk diseminasi dari hasil penelitian tersebut, agar dapat dibaca oleh khalayak umum dan memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Penulis mengidentifikasi problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya dalam hal materi dan bahan ajar pengayaan. Dari studi dokumentasi terhadap buku siswa, diketahui bahwa materi yang disajikan cenderung normatif dan dikotomik, belum terintegrasi dengan keilmuan lainnya. Dari wawancara dengan guru PAI dan perwakilan siswa, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan yang diberikan masih bersifat statis dan kurang mendekati realitas kehidupan yang kompleks. Oleh karena itu, pendekatan multidisipliner dianggap sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI. Pendekatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan para pendidik dan siswa, serta menjauhkan pembelajaran PAI dari cara berpikir monodisipliner yang cenderung mempersempit pemahaman keilmuan. Buku ini menjelaskan bagaimana mengintegrasikan materi PAI dengan sains, dengan memadukan teori Dialog-Integrasi Barbour (1990) dan Multilevel Readings Guessoum (2011) sebagai pendekatan dalam menyusun inovasi bahan ajar pengayaan PAI. Buku ini juga bertujuan untuk memberikan solusi atas dua problematika utama dalam program pengayaan PAI, yaitu: (1) belum adanya buku khusus pengayaan PAI, dan (2) pelaksanaan program pengayaan bagi siswa yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belum optimal. Dengan menyusun modul cetak pengayaan PAI berbasis multidisipliner, penulis berharap dapat mengoptimalkan kegiatan pengayaan dan menepis dikotomi ilmu yang selama ini menghinggapi pembelajaran PAI. Buku ini merupakan upaya untuk menjawab tantangan pembelajaran PAI dalam konteks modern, di mana ilmu pengetahuan dan agama harus saling melengkapi, bukan bertentangan. Islam dan ilmu pengetahuan sejatinya merupakan tema klasik dalam Islam, baik secara normatif-teologis maupun historis. Kajian-kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Islam memiliki kaitan organik dengan sains, yang terwujud melalui eksplorasi dan pengembangan ilmu pengetahuan oleh ilmuwan Muslim pada periode klasik. Dengan demikian, pembelajaran PAI yang berbasis multidisipliner adalah langkah yang tepat untuk memperkaya pemahaman siswa dan pendidik dalam menghadapi kompleksitas kehidupan.

Sinopsis ebook

Pendekatan multidisipliner menjadi urgen untuk diterapkan Para pendidik PAI seharusnya mulai meninggalkan cara berpikir monodisipliner karena akan mempersempit wawasan keilmuannya saat berhadapan dengan kompleksitas kehidupan Bukan saatnya lagi materi PAI disampaikan secara taqlid buta dan menjauhkan diri dari bidang ilmu lainnya Karena pada dasarnya ilmu itu satu bersumber dari Allah Swt Allah Swt menciptakan ayat ayat qauliyah dan kauniyah keduanya tidak bertentangan

Detail Buku

Jumlah Halaman 280
Kategori Pendidikan
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-329-113-2
eISBN proses
INOVASI BAHAN AJAR PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIDISIPLINER DI SEKOLAH

INOVASI BAHAN AJAR PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIDISIPLINER DI SEKOLAH

Septiana Purwaningrum, dkk.