Sinopsis: Buku ini merupakan hasil studi banding dan implementasi yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UMSU) untuk meningkatkan kualitas manajemen perpustakaan, khususnya dalam upaya mencapai akreditasi A. Studi banding dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab penulis, yang juga Kepala UPT Perpustakaan UMSU, terhadap amanah yang diberikan oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP, pada tanggal 20 November 2017. Dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan layanan perpustakaan, penulis melakukan kunjungan ke dua institusi perpustakaan yang terakreditasi, yaitu UPT Perpustakaan Unsyiah, Banda Aceh, dan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Dari kunjungan tersebut, dilakukan proses ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) untuk mengadopsi dan menyesuaikan praktik terbaik yang ditemukan dalam kedua institusi tersebut dengan kondisi dan kebutuhan lokal perpustakaan UMSU. Buku ini mencakup laporan lengkap tentang kegiatan library visit dan studi banding, serta implementasi hasil studi banding dalam pembangunan perpustakaan UMSU. Buku ini juga menyajikan pokok-pokok studi banding yang dapat diimplementasikan, baik dalam hal manajemen, layanan, maupun pengembangan koleksi. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pengelola perpustakaan di perguruan tinggi lain dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan mencapai akreditasi yang lebih baik. Sebagai bentuk penguatan komitmen UMSU dalam mewujudkan layanan prima, buku ini juga menyoroti tiga pilar utama dalam pengembangan perpustakaan, yaitu koleksi, pemakai, dan pelayanan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pengelola perpustakaan dalam upaya mewujudkan perpustakaan yang lebih baik, inklusif, dan berkelanjutan.
Sinopsis: Buku ini merupakan hasil studi banding dan implementasi yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan (UMSU) untuk meningkatkan kualitas manajemen perpustakaan, khususnya dalam upaya mencapai akreditasi A. Studi banding dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab penulis, yang juga Kepala UPT Perpustakaan UMSU, terhadap amanah yang diberikan oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP, pada tanggal 20 November 2017. Dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan layanan perpustakaan, penulis melakukan kunjungan ke dua institusi perpustakaan yang terakreditasi, yaitu UPT Perpustakaan Unsyiah, Banda Aceh, dan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Dari kunjungan tersebut, dilakukan proses ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) untuk mengadopsi dan menyesuaikan praktik terbaik yang ditemukan dalam kedua institusi tersebut dengan kondisi dan kebutuhan lokal perpustakaan UMSU. Buku ini mencakup laporan lengkap tentang kegiatan library visit dan studi banding, serta implementasi hasil studi banding dalam pembangunan perpustakaan UMSU. Buku ini juga menyajikan pokok-pokok studi banding yang dapat diimplementasikan, baik dalam hal manajemen, layanan, maupun pengembangan koleksi. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pengelola perpustakaan di perguruan tinggi lain dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan mencapai akreditasi yang lebih baik. Sebagai bentuk penguatan komitmen UMSU dalam mewujudkan layanan prima, buku ini juga menyoroti tiga pilar utama dalam pengembangan perpustakaan, yaitu koleksi, pemakai, dan pelayanan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pengelola perpustakaan dalam upaya mewujudkan perpustakaan yang lebih baik, inklusif, dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 66 |
---|---|
Kategori | Perpustakaan |
Penerbit | UMSU Press |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-408-067-4 |
eISBN | 978-623-408-068-1 |