Sinopsis Buku: Buku ini membahas implementasi strategi pembelajaran *“What-If”* dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa, khususnya dalam mata pelajaran Metode Statistika I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa, yang menjadi tantangan dalam memahami dan menganalisis konsep statistika secara mendalam. Strategi pembelajaran *“What-If”*, yang dikembangkan oleh Payadnya (2016), dirancang untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide baru melalui penghilangan asumsi “Not”, sehingga mendorong proses berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dilaksanakan pada 16 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar, pada tahun akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes, sementara analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana strategi pembelajaran *“What-If”* dapat diterapkan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis mahasiswa dan memperkuat penguasaan konsep-konsep statistika.
Kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam mata kuliah metode statistika I memerlukan penanganan yang serius Penanganan dapat dilakukan dengan menerapkan model maupun strategi pembelajaran yang tepat Salah satu strategi pembelajaran y
Jumlah Halaman | 71 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0576-7 |
eISBN | 978-623-02-0654-2 |