Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang implementasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah, khususnya di MAN 2 Kediri. Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam penerapan SKUA sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam yang lebih holistik. Dalam buku ini, pembaca akan menemukan penjelasan rinci mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program SKUA. Disampaikan pula tentang pentingnya pengembangan kecakapan ubudiyah dan akhlakul karimah dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, berahlak baik, serta mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, buku ini juga menjelaskan fenomena kemerosotan moral di kalangan peserta didik yang menjadi latar belakang diterbitkannya program SKUA. Buku ini memberikan penjelasan mengenai penyebab dan solusi dari masalah tersebut, serta bagaimana program SKUA diharapkan dapat menjadi jawaban atas kelemahan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang lebih fokus pada aspek kognitif saja. Buku ini juga menyajikan metode, teori, dan tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan untuk mendukung implementasi SKUA. Di akhir buku, disampaikan pula evaluasi dan saran untuk meningkatkan keberhasilan program SKUA dalam menunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan pembaca umum dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yang lebih berorientasi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai agama yang sejati.
Modernisasi pada ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju berkembang dan makmur Modernisasi sendiri merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang saat ini Teknologi dianggap sebagai puncak dari ilmu pengetahuan Teknologi informasi merupakan produk dari pembangunan development telah berimplikasi terhadap munculnya perubahan dan pergeseran sosial masyarakat Indonesia dari segala lapisan Mulai dari kualitas pendidikan sampai terbukanya akses informasi adalah salah satu implikasi signifikan dari pembangunan Kendati demikian sejumlah persoalan kritis sebagai produk dari fenomena yang sama senantiasa hadir mengiringinya salah satunya ialah problem dalam dunia pendidikan agama Islam menurunnya moralitas dan kualitas generasi bangsa adalah kenyataan yang terus menyelimuti pelaksanaan pembangunan bangsa ini sendiri Program SKUA diluncurkan Kementerian Agama wilayah Jawa Timur bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dalam pendidikan agama Islam dan implikasi logis dari adanya modernisasi adapun dalam kasus perencanaan SKUA ini tidak membuat RPP dan silabus melainkan hanya menetapkan pembimbing SKUA pembagian jam mengajar serta menentukan materi ajar SKUA Pelaksanaan SKUA ini membahas mengenai materi dan metode adapun Materi dalam SKUA meliputi kecakapan Al Qur rsquo an Hadith akidah akhlak fiqh dzikir dan doa sementara itu metode yang digunakan adalah metode hafalan latihan dan demonstrasi sedangkan evaluasi dilakukan dengan melihat 3 aspek efektif kognitif dan psikomotorik
Jumlah Halaman | 99 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-338-127-7 |
eISBN | 978-623-338-128-4 |