Bangsa Indonesia yang multikultural di satu sisi bisa menjadi perekat tapi di sisi lain bisa menjadi pemicu konflik Sering umat Islam dijadikan kambing hitam oleh orang atau sekelompok orang hingga tak pelak stereotip dan stigma buruk disematkan kepada umat Islam di negeri ini Parahnya lagi kejadian kejadian yang mengarah pada moral degradation yang meninpa sebagian besar anak bangsa bahkan dalam lembaga pendidikan Islam atau pondok pesantren menambah komplekssitas permasalahan bangsa ini Buku ini menjawab stigma buruk tersebut Ajaran Islam telah diwariskan secara turun temurun dari Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya melalui instrumen pendidikan di lembaga lembaga pendidikan yang terus menerus dan berkesinambungan sehingga dapat mengakomodasi pluralitas dan multikulturalisme Konsep Pendidikan Islam berbasis profetik multikultural yang diimpelementasikan sejak dini dapat mengantisipasi munculnya konflik baik di internal lembaga pendidikan atau di lingkungan masyarakat serta memberikan pemahaman yang bijak tentang perlunya sikap profetik meneladani sifat sifat dasar nabi yaitu sidiq amanah tabligh dan fathonah juga dengan nilai nilai multikultural yaitu menerima dan mengelola realitas keberagaman dan keberagamaan Bangsa Indonesia yang multikultural di satu sisi bisa menjadi perekat tapi di sisi lain bisa menjadi pemicu konflik Sering umat Islam dijadikan kambing hitam oleh orang atau sekelompok orang hingga tak pelak stereotip dan stigma buruk disematkan kepada umat Islam di negeri ini Parahnya lagi kejadian kejadian yang mengarah pada moral ...degradation yang meninpa sebagian besar anak bangsa bahkan dalam lembaga pendidikan Islam atau pondok pesantren menambah komplekssitas permasalahan bangsa ini Buku ini menjawab stigma buruk tersebut Ajaran Islam telah diwariskan secara turun temurun dari Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya melalui instrumen pendidikan di lembaga lembaga pendidikan yang terus menerus dan berkesinambungan sehingga dapat mengakomodasi pluralitas dan multikulturalisme Konsep Pendidikan Islam berbasis profetik multikultural yang diimpelementasikan sejak dini dapat mengantisipasi munculnya konflik baik di internal lembaga pendidikan atau di lingkungan masyarakat serta memberikan pemahaman yang bijak tentang perlunya sikap profetik meneladani sifat sifat dasar nabi yaitu sidiq amanah tabligh dan fathonah juga dengan nilai nilai multikultural yaitu menerima dan mengelola realitas keberagaman dan keberagamaan