Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsepsi pendidikan yang berbasis kontekstual, dengan penekanan pada aspek afektif, psikomotorik, dan spiritualitas dalam upaya menciptakan pendidikan yang seimbang dan holistik. Penulis mengupas konsep pendidikan Islam yang diambil dari ajaran Luqman Al-Hakim, yang diabadikan dalam Al-Quran, sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman dan khazanah pendidikan. Buku ini juga menyajikan elaborasi tentang pendidikan anak dalam perspektif kontekstual, yang relevan dengan realitas pendidikan di Indonesia yang dianggap mengalami demoralisasi dan pergeseran nilai. Dengan pendekatan kontekstual, buku ini berupaya mengembangkan cara pandang yang lebih seimbang dalam memandang manusia, yang tidak hanya terdiri dari aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan spiritual. Buku ini merupakan kompilasi literatur yang melengkapi referensi pendidikan Islam, yang sebelumnya dominan bersifat normatif, dengan menambahkan wawasan kontekstual yang relevan dengan tantangan pendidikan di Indonesia saat ini. Buku ini menjadi panduan bagi para pendidik, akademisi, dan pembaca yang tertarik pada pendekatan pendidikan yang berakar pada nilai-nilai spiritual dan kontekstual.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsepsi pendidikan yang berbasis kontekstual, dengan penekanan pada aspek afektif, psikomotorik, dan spiritualitas dalam upaya menciptakan pendidikan yang seimbang dan holistik. Penulis mengupas konsep pendidikan Islam yang diambil dari ajaran Luqman Al-Hakim, yang diabadikan dalam Al-Quran, sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman dan khazanah pendidikan. Buku ini juga menyajikan elaborasi tentang pendidikan anak dalam perspektif kontekstual, yang relevan dengan realitas pendidikan di Indonesia yang dianggap mengalami demoralisasi dan pergeseran nilai. Dengan pendekatan kontekstual, buku ini berupaya mengembangkan cara pandang yang lebih seimbang dalam memandang manusia, yang tidak hanya terdiri dari aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan spiritual. Buku ini merupakan kompilasi literatur yang melengkapi referensi pendidikan Islam, yang sebelumnya dominan bersifat normatif, dengan menambahkan wawasan kontekstual yang relevan dengan tantangan pendidikan di Indonesia saat ini. Buku ini menjadi panduan bagi para pendidik, akademisi, dan pembaca yang tertarik pada pendekatan pendidikan yang berakar pada nilai-nilai spiritual dan kontekstual.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2011 |
ISBN | 978-979-25-4824-2 |
eISBN | 978-602-313-176-1 |