Sinopsis Buku: Buku *Ilmu Pendidikan Islam* ini merupakan edisi pertama yang diterbitkan oleh Penerbit Kencana pada tahun 2006, dan telah mengalami cetakan ke-6 pada Oktober 2019. Buku ini menyajikan berbagai topik penting dalam bidang pendidikan Islam, dengan pendekatan yang berlandaskan nilai-nilai Ilahiyah, spiritual, dan akhlak. Buku ini tidak hanya membahas aspek teoritis, tetapi juga praktis, dengan mengintegrasikan berbagai komponen dasar dalam pendidikan, seperti pendidik, peserta didik, kurikulum, metode, evaluasi, dan kelembagaan. Buku ini terdiri dari 11 bab utama, di antaranya: (1) Pendahuluan (Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan); (2) Pengertian pendidikan Islam; (3) Sumber dan dasar pendidikan Islam; (4) Tugas dan fungsi pendidikan Islam; (5) Tujuan pendidikan Islam; (6) Pendidik dalam pendidikan Islam; (7) Peserta didik dalam pendidikan Islam; (8) Kurikulum pendidikan Islam; (9) Metode dalam pendidikan Islam; (10) Evaluasi dalam pendidikan Islam; dan (11) Kelembagaan dalam pendidikan Islam. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan kata pengantar oleh Prof. Suyanto, Ph.D., yang memberikan perspektif tentang hubungan antara Islam dan pendidikan budi pekerti. Buku ini ditulis oleh dua penulis terkemuka, yaitu Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag. dan Dr. Jusuf Mudzakkir, M.Si., serta didukung oleh tim penulis dan penerbit yang kompeten. Buku ini dilengkapi dengan desain sampul dan tata letak yang menarik, serta memiliki ISBN yang memudahkan identifikasi dan referensi. Sebagai buku pendidikan Islam yang komprehensif, *Ilmu Pendidikan Islam* ini menjadi sumber acuan yang relevan bagi para akademisi, guru, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pendidikan Islam yang berakar pada nilai-nilai agama dan kehidupan bermasyarakat.
Buku ini membingkai berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pendidikan dalam keindahan dan kesempurnaan agama islam Aksentuasi pembahasan yang mengarah kepada pendidikan berlandas nilai nilai ilahiyah ini dibuka dengan pengantar tentang pendidikan islam kedudukan tugas kompetensi dan kode etik pendidik paradigma sifat etika peserta didik dalam pendidikan Islam dan diakhiri dengan pembahasan seputar kurikulum metode evaluasi dan kelembagaan dan pendidikan Islam
Jumlah Halaman | 241 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-979-392-554-7 |
eISBN | 978-623-218-274-5 |