Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan yang bernuansa monokotomik-holistik dalam konteks pendidikan Islam. Konsep ini dirancang untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pendidikan di era modern, dengan mengintegrasikan aspek intelektual, moral, dan spiritual secara seimbang. Pendidikan menurut pandangan Islam tidak hanya berupa pengembangan ilmu pengetahuan dunia, tetapi juga harus mencakup pemahaman tentang ilmu akhirat dan nilai-nilai keagamaan. Buku ini menyajikan pendekatan holistik dalam pembelajaran, yang melibatkan seluruh aspek kehidupan manusia, baik secara individu maupun sosial. Pendidikan dianggap sebagai proses yang berlangsung sepanjang hayat, tidak terbatas pada ruang kelas atau gelar akademik tertentu. Konsep ini juga berupaya merekonstruksi ilmu pendidikan sesuai dengan realitas kekinian, dengan menggabungkan aspek filosofis dan praksis. Buku ini sangat relevan sebagai referensi bagi para mahasiswa, guru, praktisi pendidikan, dan tokoh masyarakat yang tertarik pada pendidikan Islam. Dengan pendekatan yang mendalam dan komprehensif, buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan Islam dapat menjadi jembatan antara ilmu pengetahuan dan keimanan, serta menjadi sarana pembentukan manusia yang cerdas, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.
Syah Darwyn 2007 Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta Gaung Persada Press Tahroni 2009 Konfigurasi Pemikiran dalam Ilmu Pendidikan Gorontalo IPI Publishing 2009 Pemikiran Masa Depan Gorontalo IPI Publishing Undang Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Yamin Moh 2010 Manajemen Mutu Pendidikan Panduan Menciptakan Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum yang Progresif dan Inspiratif Yogyakarta Diva Press Zaini Hisyam dkk 2002 Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi Yogyakarta CTSD Zuhairini dkk 1981 Metodik Khusus Pendidikan Agama Surabaya Usaha Nasional 252
Jumlah Halaman | 256 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2012 |
ISBN | 978-979-25-4637-9 |
eISBN | 978-602-313-175-4 |