Sinopsis Buku: Buku ini membahas tema sentral kajian keilmuan pendidikan Islam kontemporer, yaitu *MemperTEMUKAN Norma Filosofis dengan Fakta Empiris*. Buku ini berupaya mengintegrasikan aspek normatif dan empiris dalam pendidikan Islam, sehingga mampu merespons isu-isu kontemporer dengan konsep pendidikan yang relevan dan berakar pada nilai-nilai Islam. Dalam kajian ini, penulis menguraikan lima tema utama yang menjadi dasar pembahasan, yaitu: 1. Kajian aksiologi pendidikan Islam, yang membahas pembentukan karakter pendidik dan peserta didik, serta hubungan antara pendidikan dengan nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan. 2. Kajian akademik pendidikan Islam, yang menekankan pentingnya pengembangan keilmuan pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis, sebagai fondasi normatif yang harus sejalan dengan fakta empiris. 3. Kajian etika pendidikan Islam, yang meliputi prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan kode etik yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, serta interaksi antar unsur pendidikan seperti guru, peserta didik, fasilitas, dan manajemen. 4. Integrasi tiga kajian sebelumnya dengan nilai normatif dalam ajaran Islam, yang membedakan Pendidikan Islam (PI) dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), karena PI mencakup unsur-unsur PAI yang diintegrasikan dalam konteks normatif dan praktis. 5. Kajian pendidikan Islam yang mampu merespons isu-isu kontemporer, yang menekankan pentingnya pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada rasio dan budaya, tetapi juga pada nilai-nilai dan wahyu sebagai sumber pengetahuan yang unik. Buku ini juga memperkenalkan kajian-kajian filosofis-teoretis pendidikan Islam, seperti epistemologi, antologi, dan aksiologi, yang menjadi dasar pengembangan kurikulum, teori belajar, strategi belajar, dan hakikat pendidikan Islam. Dengan demikian, buku ini berupaya menjadi panduan ilmiah yang komprehensif dalam membangun sistem pendidikan Islam yang modern, relevan, dan berakar pada nilai-nilai Islam yang mendalam.
Ilmu Pendidikan Islam merupakan suatu disiplin ilmu pendidikan yang mengkaji tentang seluk beluk nilai edukasi dalam Islam yang bersumber dari Alquran hadis dan ijtihat ulama Kontruksi teori yang ada dalam ilmu ini didasarkan pada nilai nilai luruh yang terdapat dalam ajaran agama Islam di antaranya seperti nilai kepatuhan kepada Tuhan dan nilai kemanusiaan Di dalam buku ini dibahas mengenai pendidikan Islam yang memiliki karakter khas yang tidak memisahkan antara dunia dan akhirat Dengan pendidikan yang seperti itu diharapkan muncul generasi insan kamil manusia paripurna yang mampu mengembalikan Islam ke masa kejayaan seperti masa kejayaan Sinasti Abbasiyah di masa lalu Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam Pendidikan Bahasa Arab dan kependidikan Islam di lingkungan Perguruan Tinggi Islam baik negri maupun swasta Di samping itu buku ini juga cocok bagi para dosen atau praktisi pendidikan Islam