Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya padat modal melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme sekularisme dan pragmatisme Sebaliknya dalam masyarakat informasi yang kaya otak malah terjadi ideologisasi humanisasi dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi sosiologi dan politik serta perlu dimiliki oleh para praktisi Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri ...yang biasanya padat modal melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme sekularisme dan pragmatisme Sebaliknya dalam masyarakat informasi yang kaya otak malah terjadi ideologisasi humanisasi dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi sosiologi dan politik serta perlu dimiliki oleh para praktisi