Sinopsis Buku: Buku *Ilmu Alamiah Dasar (IAD)* ini merupakan panduan komprehensif dalam pendekatan pembelajaran ilmu alamiah dasar dari perspektif perguruan tinggi. Buku ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang mendalam mengenai penyelenggaraan perkuliahan IAD yang belum sesuai dengan harapan kurikulum dan pengembangannya. Buku ini ditujukan untuk membantu dosen dalam memahami esensi dan materi perkuliahan IAD, serta mengatasi kesulitan dalam mengelola perkuliahan tersebut. Buku ini menjelaskan cakupan materi IAD yang meliputi pemanfaatan ilmu alamiah dasar untuk kesejahteraan, lingkup perkuliahan IAD di perguruan tinggi, serta aspek-aspek keterampilan berpikir kritis yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas metode instruksional dan model visual pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis tingkat tinggi. Buku ini juga menyajikan hirarkhi perkembangan seleksi dan degenerasi tingkah laku individu, serta perubahan sikap terbuka menjadi respon yang mewujudkan nilai bila dilakukan secara konsisten. Buku ini dilengkapi dengan tabel dan gambar yang menjelaskan standar kompetensi dan kriteria penilaian, tema dan materi kajian, serta alokasi waktu dalam pembelajaran IAD. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi dosen dalam pengembangan dan penyelenggaraan perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar di perguruan tinggi.
Sinopsis Buku: Buku *Ilmu Alamiah Dasar (IAD)* ini merupakan panduan komprehensif dalam pendekatan pembelajaran ilmu alamiah dasar dari perspektif perguruan tinggi. Buku ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang mendalam mengenai penyelenggaraan perkuliahan IAD yang belum sesuai dengan harapan kurikulum dan pengembangannya. Buku ini ditujukan untuk membantu dosen dalam memahami esensi dan materi perkuliahan IAD, serta mengatasi kesulitan dalam mengelola perkuliahan tersebut. Buku ini menjelaskan cakupan materi IAD yang meliputi pemanfaatan ilmu alamiah dasar untuk kesejahteraan, lingkup perkuliahan IAD di perguruan tinggi, serta aspek-aspek keterampilan berpikir kritis yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas metode instruksional dan model visual pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis tingkat tinggi. Buku ini juga menyajikan hirarkhi perkembangan seleksi dan degenerasi tingkah laku individu, serta perubahan sikap terbuka menjadi respon yang mewujudkan nilai bila dilakukan secara konsisten. Buku ini dilengkapi dengan tabel dan gambar yang menjelaskan standar kompetensi dan kriteria penilaian, tema dan materi kajian, serta alokasi waktu dalam pembelajaran IAD. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi dosen dalam pengembangan dan penyelenggaraan perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar di perguruan tinggi.
Jumlah Halaman | 62 |
---|---|
Kategori | Teknologi |
Penerbit | UNPAK PRESS |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-60928-0-9 |
eISBN | - |