Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pola asuh dalam asrama dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di Pondok Pesantren Quddusussalam, Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengaruh lingkungan asrama dalam membentuk sikap dan perilaku siswa, terutama dalam konteks pendidikan pesantren yang menekankan aspek keagamaan dan moral. Dalam buku ini, penulis membahas berbagai aspek terkait pola asuh, termasuk definisi dan konsep pola asuh, peran guru dan pengasuh dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta hubungan antara pola asuh dan minat belajar siswa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pengertian Pondok Pesantren, mata pelajaran Aqidah Akhlak, serta tugas dan tanggung jawab ustaz/ustazah dalam mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini juga melibatkan teknik pengumpulan data dan analisis data yang terstruktur, serta dilengkapi dengan pembahasan hasil penelitian, pengujian hipotesis, dan kesimpulan yang didukung oleh data empiris. Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana pola asuh dalam asrama dapat menjadi faktor penggerak dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya dalam pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengasuh, dan calon pesantren yang ingin memahami lebih lanjut tentang peran lingkungan asrama dalam pengembangan akhlak dan minat belajar siswa.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pola asuh dalam asrama dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di Pondok Pesantren Quddusussalam, Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengaruh lingkungan asrama dalam membentuk sikap dan perilaku siswa, terutama dalam konteks pendidikan pesantren yang menekankan aspek keagamaan dan moral. Dalam buku ini, penulis membahas berbagai aspek terkait pola asuh, termasuk definisi dan konsep pola asuh, peran guru dan pengasuh dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta hubungan antara pola asuh dan minat belajar siswa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pengertian Pondok Pesantren, mata pelajaran Aqidah Akhlak, serta tugas dan tanggung jawab ustaz/ustazah dalam mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini juga melibatkan teknik pengumpulan data dan analisis data yang terstruktur, serta dilengkapi dengan pembahasan hasil penelitian, pengujian hipotesis, dan kesimpulan yang didukung oleh data empiris. Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana pola asuh dalam asrama dapat menjadi faktor penggerak dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya dalam pelajaran Aqidah Akhlak. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengasuh, dan calon pesantren yang ingin memahami lebih lanjut tentang peran lingkungan asrama dalam pengembangan akhlak dan minat belajar siswa.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UMSU Press |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6402-38-2 |
eISBN | 978-623-6402-39-9 |