Buku Historiografi Islam bermaksud menelaah secara kritis dan objektif sejarah perkembangan penulisan peristiwa sejarah yang terjadi pada umat Islam Sejarah umat Islam penuh dengan peran keagamaan dan pesan eskatologis aktivitas penyerahan kepada Allah SWT Sejarah umat Islam adalah sejarah yang unik berkaitan dengan hal ihwal amal perbuatan manusia Muslim dalam mewujudkan keMuslimannya baik itu yang bernuansa perbuatan individu atau personal sebagai makhluk sosial sikap perilaku dan akhlak aktivitas kasab dan ma isyah maupun bernuansa kebangsaan sebagai kesatuan komunitas yang diikat oleh kesatuan keyakinan dan kekuasaan ummatan wahidah Perkembangan umat Islam yang dinamis telah banyak direkonstruksi oleh sejarawan dan ahli sejarah Di satu sisi sejarawan merekonstruksi hal hal yang berkaitan dengan keunikan historisitas Islam dalam peran religiositas dan eskatologisitasnya Rekonstruksi itu bersumber dari jejak fakta atsar autentiknya tasdiiqallima bainahum dengan menggunakan pola pola penelaahan historiografis Mereka juga melakukan rekonstruksi dengan menggunakan metodologi ilmu sejarah al ilm al tariikhiiyyah yang didasarkan pada heuristik sumber fakta kritik simplifikasi dan klasifikasi dan interpretasi tafsir dan generalisasi Di sisi lain ahli sejarah hanya melakukan penelaahan hasil bibliografis atau telaah kritis terhadap konstruksi historiografis dalam rangka meminta pertanggungjawaban dengan cara mengkritisi proses generalisasi rekonstruksi yang dibuat oleh sejarawan Para ahli sejarah tidak mampu bekerja tanpa karya bibliografis sejarah Mereka merekonstruksi dinamika sejarah umat Islam sebagai proses penalaran dengan menghadirkan makna makna realitas keislaman sebagai bagian terpentingbagi studi peradaban umat manusia yang bermakna Hasil telaah keduanya akan menjadikan karya bibliografis menjadi enak untuk disimak dan akan memudahkan pendalaman kajian secaraobjektif sehingga sejarah peradaban Islam dapat ditempatkan sesuai dengan zaman wa makaanihi atau tempat dan jiwa zamannya Buku Historiografi Islam bermaksud menelaah secara kritis dan objektif sejarah perkembangan penulisan peristiwa sejarah yang terjadi pada umat Islam Sejarah umat Islam penuh dengan peran keagamaan dan pesan eskatologis aktivitas penyerahan kepada Allah SWT Sejarah umat Islam adalah sejarah yang unik berkaitan dengan hal ihwal amal perbuatan manusia Muslim dalam mewujudkan ...keMuslimannya baik itu yang bernuansa perbuatan individu atau personal sebagai makhluk sosial sikap perilaku dan akhlak aktivitas kasab dan ma isyah maupun bernuansa kebangsaan sebagai kesatuan komunitas yang diikat oleh kesatuan keyakinan dan kekuasaan ummatan wahidah Perkembangan umat Islam yang dinamis telah banyak direkonstruksi oleh sejarawan dan ahli sejarah Di satu sisi sejarawan merekonstruksi hal hal yang berkaitan dengan keunikan historisitas Islam dalam peran religiositas dan eskatologisitasnya Rekonstruksi itu bersumber dari jejak fakta atsar autentiknya tasdiiqallima bainahum dengan menggunakan pola pola penelaahan historiografis Mereka juga melakukan rekonstruksi dengan menggunakan metodologi ilmu sejarah al ilm al tariikhiiyyah yang didasarkan pada heuristik sumber fakta kritik simplifikasi dan klasifikasi dan interpretasi tafsir dan generalisasi Di sisi lain ahli sejarah hanya melakukan penelaahan hasil bibliografis atau telaah kritis terhadap konstruksi historiografis dalam rangka meminta pertanggungjawaban dengan cara mengkritisi proses generalisasi rekonstruksi yang dibuat oleh sejarawan Para ahli sejarah tidak mampu bekerja tanpa karya bibliografis sejarah Mereka merekonstruksi dinamika sejarah umat Islam sebagai proses penalaran dengan menghadirkan makna makna realitas keislaman sebagai bagian terpentingbagi studi peradaban umat manusia yang bermakna Hasil telaah keduanya akan menjadikan karya bibliografis menjadi enak untuk disimak dan akan memudahkan pendalaman kajian secaraobjektif sehingga sejarah peradaban Islam dapat ditempatkan sesuai dengan zaman wa makaanihi atau tempat dan jiwa zamannya