Sinopsis Buku: Buku *HISTORIOGRAFI IBNU KHALDUN: Analisis atas Tiga Karya Sejarah Pendidikan Islam* adalah karya ilmiah yang membahas pendekatan historis dan metodologi sejarah dalam karya-karya sejarah pendidikan Islam yang ditulis oleh Ibnu Khaldun. Buku ini merupakan adaptasi, telaah ulang, dan refleksi atas tesis magister Penulis yang dibuat dalam Program Pascasarjana IAIN (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penulis, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag., menjelaskan pentingnya memahami cara sejarah ditulis, terutama dalam konteks sejarah Islam, untuk membantu sejarawan muda dalam mengembangkan keilmuan sejarah secara lebih kritis dan metodis. Buku ini juga menyajikan latar belakang sosial dan historis Ibnu Khaldun, perjalanan hidupnya, serta kontribusinya dalam dunia ilmu sejarah. Ibnu Khaldun, yang hidup dalam era kegelapan intelektualisme Islam, berhasil menunjukkan orisinalitasnya melalui karya monumental *al-Muqaddimah*, yang menjadi dasar pendekatan historis dalam dunia Islam. Buku ini diharapkan menjadi referensi bagi mahasiswa Sejarah Peradaban Islam di PTKI dalam matakuliah Pengantar Sejarah dan Pengantar Historiografi, serta menjadi penguat dalam pendirian Ikatan Sejarawan Muslim Indonesia yang digagas melalui Forum ADIA (Asosiasi Dosen Adab se-Indonesia).
Bagaimana sejarah itu ditulis Ibnu Khaldun 1332 1406 M sebagai Bapak Historiografi menawarkan model penulisan sejarah kritis Historiografi atau fann al t r kh merupakan proses rekonstruksi masa lampau yang tidak hanya melandaskan pada sisi luarnya an sich tapi lebih penting dari itu adalah memperhatikan sisi dalamnya Untuk itu diperlukan metode dir yah metode kritik yang menekankan kepada kesaksian langsung sebagai sumber sejarah di samping juga menekankan perlunya interpretasi bagi setiap peristiwa sejarah Metode ini melandaskan dirinya pada segi rasionalitas yaitu dengan menggunakan bantuan analisis ilm al umr n sehingga sejarah menjadi berdimensi sosial Bagi Ibnu Khaldun metodologi penulisan sejarah seperti ini berguna untuk mengetahui masa lampau dalam rangka menatap masa depan peradaban manusia Historiografi ala Khaldunian di atas menjadi penting untuk melihat karya sejarah pendidikan Islam saat ini yang umumnya ditulis dengan penulisan sejarah non kritis Sejarah pendidikan Islam bagaimanapun juga adalah sejarah yang dituntut untut mampu menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa pendidikan terjadi Bantuan analisis ilmu sosial dan kultur karenanya menjadi keniscayaan sehingga melahirkan karya sejarah pendidikan Islam yang selain sarat akan fakta fakta historis tapi juga berkontribusi ilmiah bagi pengembangan pendidikan Islam
Jumlah Halaman | 200 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-565-4 |
eISBN | 978-623-218-583-8 |