Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya literasi dalam mengukur kualitas pendidikan suatu bangsa, khususnya di Indonesia. Dalam konteks global, literasi menjadi *magic word* yang menunjukkan tingkat perkembangan pendidikan suatu negara. Hasil survei literasi yang menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dunia memicu perdebatan dan respons beragam dari pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait. Meskipun hasil survei bisa dianggap sebagai *bad news*, ia juga menjadi *good news* jika direspons dengan tindakan nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi nasional. Buku ini juga menyajikan upaya-upaya konkret yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi, dan masyarakat, untuk meningkatkan minat baca dan literasi. Contohnya, program Duta Baca Indonesia, gerakan literasi sekolah, dan inisiatif seperti GPMB dan street library. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran teknologi dalam memudahkan akses bacaan melalui e-book yang dirancang khusus untuk smartphone, sebagai bagian dari upaya memperluas akses informasi dan meningkatkan minat baca di berbagai kalangan. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis data, buku ini menjadi panduan yang relevan dan memotivasi untuk terus meningkatkan literasi sebagai bagian dari pembangunan nasional.
Kian akrab saja telinga kita kata rdquo studi banding rdquo tanpa pernah memperdebatkan apa sesungguhnya artinya Apa sebenarnya yang dijadikan materi untuk kepentingan studi itu apa pula yang diperbandingkan Siapa sesungguhnya yang berhak melak
Jumlah Halaman | 65 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0214-9 |