Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Hidden Curriculum – Membangun Budaya Karakter di Sekolah*, karya Muhamad Nuryadi, merupakan upaya untuk menjawab tantangan pendidikan di Indonesia yang kian kompleks. Buku ini mengupas pentingnya pendidikan karakter sebagai bagian integral dari proses belajar mengajar di sekolah. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendidikan karakter tidak hanya dilakukan melalui materi pelajaran yang terstruktur, tetapi juga melalui lingkungan, interaksi, dan nilai-nilai yang diteladankan oleh guru dan institusi pendidikan. Penulis menyoroti bahwa di tengah kemajuan teknologi dan akses informasi yang luas, bangsa Indonesia masih menghadapi masalah rendahnya minat membaca, rendahnya nilai karakter, dan maraknya perilaku negatif seperti hoax, ujaran kebencian, dan tindakan menyimpang. Buku ini berupaya membangun budaya karakter melalui pendekatan *hidden curriculum*, yaitu nilai-nilai yang tersembunyi dalam kebiasaan, interaksi, dan lingkungan pendidikan. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh best practice yang dapat dijadikan inspirasi bagi para guru dan pendidik dalam merancang dan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Penulis menekankan peran guru sebagai model dan pengaruh utama dalam membentuk karakter siswanya. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis teori, buku ini menjadi panduan praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, membangun generasi yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing tinggi.
Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Hidden Curriculum – Membangun Budaya Karakter di Sekolah*, karya Muhamad Nuryadi, merupakan upaya untuk menjawab tantangan pendidikan di Indonesia yang kian kompleks. Buku ini mengupas pentingnya pendidikan karakter sebagai bagian integral dari proses belajar mengajar di sekolah. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa pendidikan karakter tidak hanya dilakukan melalui materi pelajaran yang terstruktur, tetapi juga melalui lingkungan, interaksi, dan nilai-nilai yang diteladankan oleh guru dan institusi pendidikan. Penulis menyoroti bahwa di tengah kemajuan teknologi dan akses informasi yang luas, bangsa Indonesia masih menghadapi masalah rendahnya minat membaca, rendahnya nilai karakter, dan maraknya perilaku negatif seperti hoax, ujaran kebencian, dan tindakan menyimpang. Buku ini berupaya membangun budaya karakter melalui pendekatan *hidden curriculum*, yaitu nilai-nilai yang tersembunyi dalam kebiasaan, interaksi, dan lingkungan pendidikan. Selain itu, buku ini juga memberikan contoh best practice yang dapat dijadikan inspirasi bagi para guru dan pendidik dalam merancang dan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Penulis menekankan peran guru sebagai model dan pengaruh utama dalam membentuk karakter siswanya. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis teori, buku ini menjadi panduan praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, membangun generasi yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing tinggi.
Jumlah Halaman | 66 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-468-597-3 |
eISBN |