Kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kualitas guru karena guru merupakan ujung tombak pendidikan Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan guru guru yang profesional Undang undang Nomor 14 Tahun 2005 mengamanatkan pentingnya guru memiliki empat dimensi kompetensi yaitu 1 kompetensi pedagodik 2 kompetensi kepribadian 3 kompetensi sosial dan 4 kompetensi profesional Menjadi sosok guru profesional tentunya memerlukan proses yang relatif panjang melalui pendidikan calon guru selama waktu tertentu Buku ini merupakan sebuah bunga rampal artikel artikel pendidikan yang diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Salah satu karakter seorang guru profesional adalah selalu menjadi insan pembelajar menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan Mental pembelajar dan wawasan yang dimiliki oleh guru akan menjadikannya seperti telaga yang tidak pernah kering terus mengalirkan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya Buku ini terdiri dari 30 tulisan yang dibagi menjadi 4 empat bagian yaitu Baglan I Profesionalisme guru Bagian II Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter Bagian III Pendidikan Bagi Anak dan Baglan IV Kepemimpinan Penjaminan Mutu dan Manajemen Pendidikan Kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kualitas guru karena guru merupakan ujung tombak pendidikan Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan guru guru yang profesional Undang undang Nomor 14 Tahun 2005 mengamanatkan pentingnya guru memiliki empat dimensi kompetensi yaitu 1 kompetensi pedagodik 2 kompetensi kepribadian 3 kompetensi sosial dan 4 kompetensi profesional ...Menjadi sosok guru profesional tentunya memerlukan proses yang relatif panjang melalui pendidikan calon guru selama waktu tertentu Buku ini merupakan sebuah bunga rampal artikel artikel pendidikan yang diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Salah satu karakter seorang guru profesional adalah selalu menjadi insan pembelajar menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan Mental pembelajar dan wawasan yang dimiliki oleh guru akan menjadikannya seperti telaga yang tidak pernah kering terus mengalirkan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya Buku ini terdiri dari 30 tulisan yang dibagi menjadi 4 empat bagian yaitu Baglan I Profesionalisme guru Bagian II Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter Bagian III Pendidikan Bagi Anak dan Baglan IV Kepemimpinan Penjaminan Mutu dan Manajemen Pendidikan