Sinopsis Singkat Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Group Investigation* (GI) berbasis *etnomatematika* dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penulis menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber belajar matematika yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika secara abstrak, tetapi juga dapat menghubungkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses belajar. Buku ini berisi hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas 5 SDN 4 Puyoh pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan data hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran GI berbasis etnomatematika. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang konsep *etnomatematika*, model pembelajaran *Group Investigation*, serta bagaimana kedua pendekatan ini dapat diintegrasikan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika. Dengan pendekatan yang kreatif dan kontekstual, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan yang lebih relevan dengan budaya dan lingkungan siswa.
Matematika masih dianggap sulit oleh sebagian siswa Kesulitan tersebut disebabkan karena rendahnya kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat di sekolah dengan budaya setempat Berdasarkan hasil observasi pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru adalah model ekspositori yakni ceramah tanya jawab dan pemberian tugas Guru lebih aktif berceramah hingga pada akhirnya hasil belum optimal Hal ini tercermin dari beberapa nilai ulangan harian yang masih ditemui beberapa siswa mendapatkan hasil yang kurang dari kriteria ketuntasan minimum KKM Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model group investigations GI berbasis etnomatematika Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Gl yang dilakukan dengan dua siklus Hasil penelitian ini tentunya bisa kita ketahui setelah membaca dan mengupas buku ini secara tuntas
| Jumlah Halaman | 64 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2019 |
| ISBN | 978-623-217-641-6 |
| eISBN |