Logo Bacabuku
Group Investigation Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Group Investigation Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Noor Saidah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Singkat Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Group Investigation* (GI) berbasis *etnomatematika* dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penulis menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber belajar matematika yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika secara abstrak, tetapi juga dapat menghubungkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses belajar. Buku ini berisi hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas 5 SDN 4 Puyoh pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan data hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran GI berbasis etnomatematika. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang konsep *etnomatematika*, model pembelajaran *Group Investigation*, serta bagaimana kedua pendekatan ini dapat diintegrasikan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika. Dengan pendekatan yang kreatif dan kontekstual, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan yang lebih relevan dengan budaya dan lingkungan siswa.

Sinopsis ebook

Sinopsis Singkat Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Group Investigation* (GI) berbasis *etnomatematika* dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penulis menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber belajar matematika yang lebih konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika secara abstrak, tetapi juga dapat menghubungkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses belajar. Buku ini berisi hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas 5 SDN 4 Puyoh pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan data hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran GI berbasis etnomatematika. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang konsep *etnomatematika*, model pembelajaran *Group Investigation*, serta bagaimana kedua pendekatan ini dapat diintegrasikan untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika. Dengan pendekatan yang kreatif dan kontekstual, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan yang lebih relevan dengan budaya dan lingkungan siswa.

Detail Buku

Jumlah Halaman 64
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-217-641-6
eISBN
Group Investigation Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Group Investigation Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Noor Saidah