Sinopsis Buku “Golden Age Parenting” Buku ini merupakan panduan praktis dan ilmiah bagi para orang tua, guru, dan pemerhati anak usia dini dalam memahami masa tumbuh kembang anak yang kritis dan berpengaruh terhadap perkembangan potensi diri anak. Dalam buku ini, penulis menguraikan secara sederhana tentang masa *Golden Age* anak, yaitu masa emas yang menjadi fondasi penting dalam pembentukan sistem saraf dan perkembangan kognitif anak. Masa ini merupakan periode kritis di mana kuantitas dan kualitas koneksi antar sel-sel saraf menentukan kecerdasan dan kemampuan anak di masa depan. Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas berbagai aspek perkembangan anak usia dini secara komprehensif. Bab I membahas pengenalan tumbuh kembang anak, masa *Golden Age*, dan psikologi perkembangannya. Bab II menjelaskan teori perkembangan dan penerapannya dalam pendidikan. Bab III membahas pola asuh dan peran keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak. Bab IV dan V masing-masing menjelaskan cara mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal anak, serta perkembangan konsep diri dan kepribadian. Buku ini juga menjelaskan peran domain taksonomi Bloom dalam pembelajaran, hubungan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta perbedaan antara perkembangan fisik dan kognitif anak usia dini. Dengan memahami konsep-konsep ini, para orang tua, guru, dan pemerhati anak usia dini dapat merancang pendekatan pembelajaran dan pengasuhan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, sehingga mampu memaksimalkan potensi anak dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan holistik anak. Buku ini menjadi salah satu komponen penting dalam kompetensi pedagogik seorang guru, karena pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini merupakan dasar dalam merancang pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Sinopsis Buku “Golden Age Parenting” Buku ini merupakan panduan praktis dan ilmiah bagi para orang tua, guru, dan pemerhati anak usia dini dalam memahami masa tumbuh kembang anak yang kritis dan berpengaruh terhadap perkembangan potensi diri anak. Dalam buku ini, penulis menguraikan secara sederhana tentang masa *Golden Age* anak, yaitu masa emas yang menjadi fondasi penting dalam pembentukan sistem saraf dan perkembangan kognitif anak. Masa ini merupakan periode kritis di mana kuantitas dan kualitas koneksi antar sel-sel saraf menentukan kecerdasan dan kemampuan anak di masa depan. Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas berbagai aspek perkembangan anak usia dini secara komprehensif. Bab I membahas pengenalan tumbuh kembang anak, masa *Golden Age*, dan psikologi perkembangannya. Bab II menjelaskan teori perkembangan dan penerapannya dalam pendidikan. Bab III membahas pola asuh dan peran keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak. Bab IV dan V masing-masing menjelaskan cara mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan interpersonal anak, serta perkembangan konsep diri dan kepribadian. Buku ini juga menjelaskan peran domain taksonomi Bloom dalam pembelajaran, hubungan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta perbedaan antara perkembangan fisik dan kognitif anak usia dini. Dengan memahami konsep-konsep ini, para orang tua, guru, dan pemerhati anak usia dini dapat merancang pendekatan pembelajaran dan pengasuhan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, sehingga mampu memaksimalkan potensi anak dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan holistik anak. Buku ini menjadi salah satu komponen penting dalam kompetensi pedagogik seorang guru, karena pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini merupakan dasar dalam merancang pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Jumlah Halaman | 186 |
---|---|
Kategori | Parenting |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-462-554-2 |
eISBN |