Sinopsis Buku: Buku ini berisi upaya pengembangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang lebih efektif dan bermakna, dengan fokus pada penerapan model pembelajaran *Group Investigation* (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang konsep, tujuan, serta implementasi pembelajaran IPS yang berbasis pada pendekatan konstruktivis, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi intelektual dan kreativitas siswa. Dalam buku ini, penulis menyajikan deskripsi kondisi awal pembelajaran IPS di sekolah dasar, yang menunjukkan tantangan dan masalah yang dihadapi, seperti kurangnya minat siswa, pendekatan yang kurang kreatif, dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Dengan pendekatan *Group Investigation*, buku ini menawarkan solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, serta meningkatkan hasil belajar melalui proses belajar yang lebih aktif, kolaboratif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil penerapan *Group Investigation* dalam dua siklus pembelajaran, serta pembahasan tiap siklus dan hubungan antar siklus, yang menunjukkan perkembangan dan peningkatan proses belajar mengajar. Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka serta lampiran yang mendukung keberhasilan implementasi model pembelajaran tersebut. Secara keseluruhan, buku ini bertujuan untuk menjadi panduan praktis bagi guru dan pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPS yang inovatif, kreatif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Buku ini berisi tentang upaya pendidik meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Sebuah penelitian seorang guru dalam mengajar mata pelajaran IPS Buku ini dapat menjadi tambahan pengalaman dalam mengajar sekaligus sebagai motivasi para guru untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam mengajar
Jumlah Halaman | 41 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bening Pustaka |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-7848-57-8 |
eISBN | proses |